Blangko e-KTP Datang, Dispendukcapil Kebut Cetak 25 Ribu

DRINGU – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispenduk Capil) Kabupaten Probolinggo, akhirnya mendapatkan jatah blangko Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) cukup banyak. Awal pekan lalu , Kemendagri RI memberikan jatah 36 ribu blangko e-KTP.

Karenanya, kini Dispenduk Capil mengebut proses pencetakan e-KTP milik warga yang sudah melakukan perekaman. Ditargetkan, pencetakan 25 ribu e-KTP milik warga yang sudah melakukan perekaman bisa selesai Minggu (24/2).

“Kami sudah ambil 36 ribu blangko KTP yang diberikan Kemendagri. Alhamdulillah, jatah 36 ribu itu cukup untuk mencetak e-KTP warga yang sudah melakukan perekaman,” ujar Kepala Dispenduk Capil Kabupaten Probolinggo, Slamet Riyadi.

Slamet mengatakan, dalam beberapa hari ini pihaknya mengebut pencetakan e-KTP. Di luar jam pelayanan, pegawainya juga kerja lembur sampai malam untuk mencetak e-KTP menggunakan 5 mesin cetak. “Kami prioritaskan sekitar 25 ribu e-KTP warga yang sudah melakukan perekaman sebelumnya. Sisanya digunakan untuk e-KTP pemohon yang baru datang mengajukan perekaman setiap harinya,” ujarnya.

Menurutnya, di Kabuapten Probolinggo dari jumlah total penduduk 1.119.612 jiwa, ada 854.581 jiwa yang wajib KTP. Hingga awal bulan ini, ada 840 ribu jiwa yang sudah melakukan perekaman. Artinya, ada sekitar 14 ribu jiwa yang belum melakukan perekaman.

“Dari total warga yang telah melakukan perekaman, ada sekitar 25 ribu warga yang belum mendapatkan fisik e-KTP. Karena, kemarin-kemarin kami kehabisan blangko. Tapi, sekarang akan tercetak semua,” ujarnya. (mas/rud)