Dua Toko di Probolinggo Dimaling, Rokok Senilai Rp 40 Juta Digondol Pelaku

MAYANGAN – Dua toko di Jl. Dr. Soetomo dan Jl. Pahlawan Kota Probolinggo menjadi sasaran maling, Sabtu (23/2) dini hari. Dari dua toko itu, kawanan pencuri berhasil menggasak rokok yang jika diuangkan sekitar Rp 40 juta.

Dua toko yang kemalingan yakni milik Widarsono, 45 yang berada di Jl dr. Soetomo, Kelurahan Mangunharjo, Kecamatan Mayangan dan Toko Putra Jaya milik Fredy, 47 yang berada. Dari kedua toko tersebut yang menjadi incaran sama, yakni rokok. Setidaknya ribuan rokok melayang digondol pelaku.

Menurut Widarsono, 45, pemilik Toko Sumber Baru di Jl. dr. Soetomo, Kelurahan Mangunharjo, Kecamatan Mayangan mengatakan, aksi pencurian di tokonya itu terjadi sekitar pukul 04.00. Pelaku diketahui berjumlah empat orang dengan menggunakan sepeda motor.

Aksi itu diketahui lantaran pelaku terekam CCTV yang ada di dalam tokonya. Bahkan, salah pelaku berusaha mengarahkan CCTV ke atas agar tidak bisa merekam aktivitas mereka. Sementara Widarsono bersama dengan istri dan satu anaknya sedang tertidur pulas di lantai dua.

Beruntung selain dilengkapi CCTV, toko juga dipasang alarm. Sehingga pelaku tidak leluasa menggasak rokok yang ada di dalam etalase. Pelaku kemudian bergegas kabur setelah menggasak rokok Surya 16 dan Mild 16 masing masing 1 bal, Marlboro 12 masing masing 5 slop. Kerugian ditaksir Rp 10 juta.

“Dari rekaman CCTV, pelaku merusak gembok dan masuk dengan paksa. Pelaku merusak gembok di rekaman CCTV pukul 03.50. Kemudian aksinya dilakukan pukul 04.00. Ada empat orang yang terekam CCTV. Ketika bunyi alarm pertama, bergegas untuk pergi,” terangnya. Pihaknya baru mengetahui aksi pencurian itu terjadi pada pukul 06.30. Pada saat itu ia hendak membuka toko.

Pencurian serupa juga terjadi di toko milik Fredy di Jl. Pahlawan, Kelurahan Kebonsari Kulon, Kecamatan Kanigaran, Kota Probolinggo. Bedanya pada saat kejadian toko dalam keadaan sepi. Pada saat itu Fredy dan keluarga tidur di rumahnya yang berada di Jl Basuki Rahmad, Kelurahan Mangunharjo, Kecamatan Mayangan.

Toko milik Fredy tidak dipasang CCTV. Fredy baru mengetahui aksi pencurian itu sekitar pukul 06.30 pada saat ia hendak membuka toko. Pelaku dengan leluasa menggasak toko milik Fredy. Setidaknya ada total 12 bal rokok berbagai merek raib digondol pelaku. Selain itu uang receh untuk kembalian yang berada di laci kotak pelaku. “Kalau kerugian sekitar Rp 30 jutaan,” terangnya.

Menurutnya, hari-hari sebelumnya pihaknya sengaja tidur di toko. Megingat beberapa waktu lalu, toko Aneka Rasa di Jl. Panglima Sudirman, juga dibobol. Sehingga untuk antisipasi itu pihaknya sengaja tidur di toko. Namun, empat hari tidur tak ada tindak kriminal, sehingga Sabtu malam mereka memutuskan kembali rumah.

“Saya dengar toko sebelah kemalingan. Sementara barang (rokok) datangnya hari Senin Selasa dan Rabu. Sehingga pada saat ini saya sengaja tidur di toko untuk antisipasi. Selanjutnya pada hari kamis jumlah rokok sudah menipis. Makanya saya putuskan untuk tidur di rumah. Ternyata malah kebobolan juga,” ujarnya.

Informasi yang ia terima, pencuri menggunakan mobil Toyota Innova. Atau hampir mirip dengan kendaraan yang mencuri di Toko Aneka Rasa, Rabu (13/2) dini hari. (rpd/rf)