Gara-gara Salah Jalur, Truk Remuk Tertimpa Pohon

PANGGUNGREJO – Kecelakaan lalu lintas tunggal terjadi di Jalan Slagah, Kelurahan Pekuncen, Kecamatan Panggungrejo, Kota Pasuruan. Sabtu (23/2), sebuah dump truck tanpa muatan tertimpa pohon. Syukur tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini.

Kecelakaan tunggal ini terjadi sekitar pukul 11.30. Siang itu, pengemudi dump truck bernopol DA 1318 Z itu, Hendra, 40, hendak pulang. Warga Kelurahan/Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo, itu hendak kembali ke Probolinggo setelah mengangkut pasir ke Surabaya.

Siang itu, Hendra menggunakan jalur tol. Usai keluar dari jalan tol di Kelurahan Bukir, Kecamatan Gadingrejo, Kota Pasuruan, Hendra hendak menuju timur melalui jalur lingkar selatan. Namun, dihentikan petugas Poslantas dan diminta belok ke utara melalui Jalan Panglima Sudirman.

Sesampai di perempatan Lembaga Pemasyarakat (Lapas) Klas IIB Pasuruan, Hendra belok kanan melintasi Jalan Slagah. Kondisi Jalan Slagah yang sempit membuat bagian bak dump truck mengenai dahan pohon. Akibatnya fatal. Salah satu pohon di pinggir jalan sampai roboh dan mengenai bagian depan truk.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Namun, kecelakaan tunggal ini sempat memacetkan Jalan Slagah selama sekitar 20 menit karena ruas jalan yang sempit. Pengendara dari utara dan timur harus bergantian saat melintas.

Kanit Laka Satlantas Polres Pasuruan Kota Iptu Ahmad Jayadi mengatakan, kecelakaan ini murni karena human error pengemudi truk. Sebab, sudah ada rambu larangan truk melintas di Jalan Slagah. Namun, pengemudi ngotot sehingga mengenai dahan pohon karena ruas jalan yang sempit.

“Seharusnya pengemudi berbelok ke barat melalui Jalan Wironini dan Hasanuddin sebelum ke timur menuju Probolinggo. Atau, pengemudi bisa tetap melewati Jalan Panglima Sudirman, tapi berbelok ke barat di perempatan Lapas terus melewati Jalan Hasanuddin sebelum berbelok ke timur,” ujar Jayadi. (riz/rud)