Pelaku Pembobolan 2 Toko di Probolinggo Bukan Orang yang Sama

MAYANGAN – Polisi memburu pelaku pencurian di 2 toko di Kota Probolinggo yang terjadi Sabtu (23/2) dini hari. Kapolsek Mayangan Kompol Ahmad Firman Wahyudi mengungkapkan, bahwa pada saat ini pihaknya masih melakukan penyelidikan. Diduga aksi pencurian itu dilakukan oleh pelaku luar daerah.

“Saya pikir pencurian itu dilakukan oleh orang yang sama. Ternyata bukan. Sebab untuk yang di Jl dr Soetomo pelakunya menggunakan sepeda motor. Sedangkan untuk yang di Jl Pahlawan menggunakan Kijang Innova atau hampir sama persis dengan pelaku yang membobol di Aneka Rasa Jl Panglima Sudirman,” terangnya.

Setelah dilakukan pengecekan terhadap plat nomor Kijang Innova yang sempat terdeteksi, ternyata Kijang Innova tersebut menggunakan plat nomer palsu. Aksi serupa rupanya terjadi di Lamongan dan Nganjuk sehingga kuat didugam untuk pelaku yang menggunakan mobil Innova tersebut berasal dari luar daerah.

“Kemungkinan pelaku tersebut orang yang sama yang telah mencuri di daerah lainnya, seperti Lamongan dan Nganjuk,” katanya. Belakangan ini, aksi pencurian dengan sasaran rokok cukup marak. Terbukti dalam sebulan saja, sudah ada tiga toko yang dibobol.

Adapun data yang dihimpun media ini, dalam sebulan terakhir toko yang dibobol yakni Toko Aneka Rasa milik Then Wibowo, 56, di Jl Panglima Sudirman, Rabu (13/3) dini hari. Setidaknya rokok Surya 12, Dunhill, Marlboro, dan Dji Sam Soe masing masing satu karton raib. Selain itu juga, untuk rokok lainnya, yang sudah dibuka banyak. Kerugian ditaksir Rp 60 juta.

Menyikapi hal itu Kapolres Probolinggo Kota AKBP Alfian Nurrizal mengatakan bahwa pihaknya akan memasifkan lagi patroli. “Dengan adanya aksi tersebut artinya harus ada yang ditingkatkan. Sehingga patroli yang dilakukan secara rutin ada yang menjadi prioritas,” bebernya. (rpd/rf)