Warga Amankan Sapi Curian yang Disembunyikan Maling di Sungai

KEDOPOK – Seekor sapi milik warga Kelurahan Sumber Wetan, Kecamatan Kedopok, Kota Probolinggo, Yusup, 50, digondol maling, Sabtu (23/2) dini hari. Karena diburu polisi dan warga, kawanan maling meninggalkan sapi yang ditaksir seharga Rp 10 juta itu di tepi sungai.

Kapolres Probolinggo Kota AKBP Alfian Nurrizal mengatakan, anggotanya berhasil menemukan sapi yang sempat dibawa kabur maling. Sapi milik Yusup itu digondol maling. Mendapati itu, pihaknya bersama warga sekitar langsung melacak dan mengejar pelaku.

Tak mau kecolongan, sejumlah anggota polisi berupaya menutup jalur-jalur yang dimungkinkan dilewati lawanan maling. Sekitar pukul 04.00 WIB, sapi jenis limusin itu berhasil ditemukan di sungai Kelurahan Sumber Wetan. “Sapinya ditemukan di tepi sungai dengan kondisi diikat,” ujarnya.

Alfian mengaku, mengantisipasi kejadian serupa, pihaknya telah memerintahkan jajarannya, khususnya yang rawan tindak pencurian hewan untuk terus waspada dan memasifkan patroli dan penjagaan.

Sementara itu, Kapolsek Wonoasih Kompol Sukatno mengatakan, sejatinya korban tidak melapor jika sapinya digondol maling. Namun, adanya pencurian sapi ini didengar petugas piket. Sehingga, pihaknya langsung berusaha membantu warga mencarinya.

Pihaknya berharap, jika terjadi aksi pencurian sapi langsung segera menghubungi aparat kepolisian. Dengan demikian, anggotanya yang sedang melakukan pengamanan bisa menelusuri dan menutup jalur keluar ke desa-desa lainya. “Pemilik tidak laporan. Lebih lagi saat ini sapinya sudah ketemu. Kami harap, jika ada yang kemalingan langsung lapor saja,” ujarnya. (rpd/rud)