Minim Pendaftar PTPS di Sumber dan Sukapura

KRAKSAAN – Dua kecamatan di Kabupaten Probolinggo masih kekurangan Pendaftar Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS). Karenanya, Bawaslu Kabupaten Probolinggo memperpanjang pendaftaran hingga 27 Februari. Yakni, di Kecamatan Sumber dan Kecamatan Sukapura.

Divisi Organisasi dan SDM Bawaslu Kabupaten Probolinggo Zaini Gunawan mengatakan, saat ini pendataran PTPS sudah mencapai 95 persen. Dari seluruh kecamatan yang ada sudah terpenuhi. “Dari 24 kecamatan sudah ada yang ngisi. Hanya tinggal Kecamatan Sukapura dan Kecamatan Sumber yang masih belum terisi,” ujarnya.

Zaini mengatakan, di daerahnya membutuhkan sekitar 3.498 orang PTPS. Tapi, belum semuanya terpenuhi. “Yang belum tercapai ini kuota maksimalnya. Jika nanti belum terisi juga sampai tanggal 27 bulan ini, maka kami lakukan tes. Per TPS yang dibutuhkan dua pendaftar,” ujarnya.

Menurutnya, perpajangan pendaftaran ini juga untuk memenuhi kuota tambahan. Sebab, seiring dengan ditambahkannya TPS, pihaknya juga membutuhkan PTPS tambahan.

“Kan TPS-nya ditambah enam. Itu berdasarkan DPTb. Sehingga, otomatis membutuhkan petugas tambahan. Karenanya, jika ditotal keseluruhan maka jumlah petugas yang kami butuhkan sekitar 3.504 petugas,” ujarnya.

Proses rekrutmen PTPS ini dilakukan sejak 11-21 Februari. Tapi, karena kuota maksimal belum terpenuhi, Bawaslu memperpanjang pendaftaran hingga 27 Februari. (sid/rud)