Penyelidikan Proyek Gravitasi, Polisi Panggil Staf PDAM Kab Probolinggo

TIRIS – Satreskrim Polres Probolinggo terus menyelidiki dugaan korupsi proyek gravitasi pipanisasi PDAM di mata air Sumber Tancak, Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo. Meskipun polisi masih tahap penggalian data tentang proyek anggaran Dinas Sumber Daya Air (SDA) Pemprov Jatim tersebut.

Setelah meminta keterangan Bambang, mantan Direktur PDAM Kabupaten Probolinggo, penyidik unit tipikor Polres Probolinggo berencana memanggil staf PDAM kabupaten yang masih aktif. Tujuannya, menggali data dan informasi lebih dalam terkait proyek gravitasi pipanisasi pada tahun 2015 tersebut. Sebab, hingga saat ini belum ada kelanjutan dan hasil atas pengerjaan proyek tersebut.

”Masih tahap penyelidikan dan pengumpulan data serta bahan keterangan. Jadi, ini masih tahap awal,” kata Kasat Reskrim Polres Probolinggo AKP Riyanto.

Saat dikonfirmasi, Minggu (24/2), Riyanto mengaku sudah memanggil dan meminta keterangan Bambang, mantan direktur PDAM Kabupaten. Sebab, Bambang menjabat sebagai direktur saat proyek gravitasi pipanisasi itu dikerjakan oleh Pemprov Jatim.

”Untuk menggali dan mengumpulkan data lebih lengkap, kami akan minta keterangan pada staf PDAM lainnya. Nanti akan kami buatkan surat panggilan staf PDAM untuk dimintai keterangan,” terangnya.

Penyelidikan dugaan penyelewengan anggaran proyek gravitasi pipanisasi PDAM itu dilakukan setelah adanya aduan dari masyarakat. Pasalnya, proyek gravitasi pipanisasi tahun 2015, sampai saat ini belum terealisasi. Dari aduan itu, ada dugaan proyek sekitar Rp 5 miliar lebih pada tahun 2015 ada penyelewengan.

Proyek itu merupakan kegiatan Dinas Sumber Daya Air (SDA) Pemprov Jatim. Mulai dari anggarannya sampai pengerjaannya ditangani langsung oleh provinsi. Rencananya, setelah proyek aliran air dari sumber mata air di Tiris yang mengandalkan gravitasi selesai akan diserahkan ke Kabupaten Probolinggo. Hanya saja, hingga saat ini belum ada penyerahan kegiatan hasil proyek tersebut ke PDAM Kabupaten Probolinggo.

Mantan Direktur PDAM Kabupaten Probolinggo Bambang belum dapat dikonfirmasi. Saat dihubungi via telepon, tak kunjung diangkat. (mas)