APK di Jembatan Wonolangan Akhirnya Diturunkan

DRINGU – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Probolinggo langsung menindaklanjuti laporan adanya alat peraga kampanye (APK) yang melanggar karena dipasang di tempat terlarang.

Senin (25/2), APK partai maupun calon legislatif (caleg) yang dipasang di Jembatan Wonolangan, Kecamatan Dringu, itu sudah bersih.

Ketua Bawaslu Kabupaten Probolinggo Fathul Qorib mengatakan, pihaknya sudah menyampaikan pada Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Dringu. Karenanya, Panwascam langsung menertibkannya. “Sudah ditertibkan. Informasinya kemarin sore (Minggu, 24/2) langsung ditertibkan,” ujarnya.

Qorib menjelaskan, aturan pemasangan APK sudah jelas. Ada sejumlah tempat yang tidak boleh dipasangi APK. Di antaranya, di tempat ibadah, lembaga pendidikan, kantor pemerintahan, dan di jembatan. Meski tidak diatur secara detail batas jarak larangan pemasangan di tempat dilarang itu, Qorib mengatakan, saat APK menempel di jembatan sudah jelas melanggar.

“Kami berharap semua pihak, partai dan caleg lebih teratur dalam pemasangan APK. Karena kami pasti dalam seminggu turun memonitor pemasangan APK. Bila ada yang melanggar, langsung kami tertibkan,” ujarnya. (mas/rud)