Disidang, Setiyono Dapat Support dari Keluarga hingga Pengurus Golkar

SIDOARJO – Sidang perdana dengan terdakwa Wali Kota Pasuruan nonaktif Setiyono, eks pld Kadis PU Dwi Fitri Nurcahyo, dan staf kelurahan Wahyu Tri Hardianto penuh sesak oleh pendukung yang hadir. Selain istri dan anak-anak Setiyono, beberapa kader Partai Golkar juga hadir.

Tiga di antaranya juga kader partai yang kini menjadi anggota DPRD Kota Pasuruan. Yakni, M Arief Ilham, Dedy Cahyo Purnomo, dan Sutirta. Mereka hadir di PN Tipikor Surabaya sejak pukul 09.00.

Mereka bahkan rela menunggu kedatangan Setiyono yang mendapat kawalan dari petugas Polda Jawa Timur. Setelah Setiyono memasuki ruang tahanan di PN Tipikor Surabaya, para tamu yang hadir itu menyempatkan diri untuk bersalaman. Mereka juga memeluk erat Setiyono yang baru saja keluar dari mobil tahanan.

Sekretaris DPD Partai Golkar Kota Pasuruan Teguh Winarno menyampaikan, kedatangan mereka dimaksudkan untuk memberikan dukungan moril kepada Setiyono. Sebelumnya, pihaknya memang telah berkoordinasi dengan jajaran pengurus lain.

“Kemudian kami sampaikan kepada kader, mengajak mereka untuk sama-sama hadir dalam sidang perdana hari ini. Karena bagaimanapun beliau masih wali kota kami, dan di struktural partai juga menjadi tokoh penting. Meskipun ini bukan kasus partai ya,” kata Teguh.

Keberadaan teman separtai bagi Setiyono saat ini memang dinilai cukup penting. Apalagi dengan posisi Setiyono yang menjadi pesakitan atas kasus yang melilitnya. Maka dari itu, kata Teguh, pihaknya ingin memberikan dukungan agar Setiyono tetap tegar menjalani proses hukumnya.

“Tidak ada maksud lain. Agar Pak Setiyono tetap semangat dan tegar menjalani proses ini. Setidaknya dengan kehadiran kami, Pak Setiyono bisa sejenak melupakan persoalan yang mungkin menjadi beban bagi beliau,” ucapnya. (tom/rf)