Pelican Crossing di Kebonwaris Kembali Berfungsi usai Trouble Sepekan

PANDAANPelican crossing di jalan kabupaten jurusan Pandaan-Bangil, Desa Kebonwaris, Kecamatan Pandaan akhirnya bisa berfungsi kembali. Lampu lalu lintas yang berfungsi untuk membantu penyeberang maupun pengguna jalan tersebut bisa dioperasionalkan setelah dibenahi, Senin (25/2).

Sebelumnya, selama sepekan terakhir pelican crossing yang berada di depan SMPN 1 Pandaan dan BLK Disnaker Pemprov Jatim tersebut mengalami trobel. Kondisi itu membuat pengendara was-was. Apalagi arus lalu lintas disana padat akan kendaraan. Hingga akhirnya keluhan disampaikan ke Dinas Perhubungan Kabupaten Pasuruan.

Selama sekitar dua jam lamanya, pelican crossing diperbaiki tim teknis Dishub. “Pekerjaan perbaikannya sudah tuntas, pelican crossing di Kebonwaris ini aktif operasional lagi,” tutur Sugianto, staf teknis bidang lalin Dishub Kabupaten Pasuruan.

Lebih lanjut Sugik sapaan akrabnya mengatakan pelican crossing yang dibangun tahun lalu, dibiayai APBD sekitar Rp 150 juta ini. Trobelnya disebabkan sejumlah faktor, antara lain kabel bawah tanah rusak dimakan tikus.

Selain itu, penyebab lainnya karena korsleting. Sehingga sejumlah komponen yang rusak, harus diganti dengan yang baru. Untuk pembiayaan perbaikan dilapangan, ia sebutkan sepenuhnya dibiayai dari APBD tahun anggaran 2019, melalui dana pemeliharaan di bidang lalu lintas.

“Karena komponennya harus memesan dulu dari luar kota, sehingga perbaikannya menunggu barang datang. Lamanya sekitar hampir sepekan, begitu datang langsung kami perbaiki ke lokasi,” tegasnya. (zal/fun)