Razia Toko Onderdil di Warungdowo, Satpol PP Malah Sita Miras

POHJENTREK – Peredaran minuman keras di Kabupaten Pasuruan masih saja meresahkan masyarakat. Ini terbukti, saat Satpol PP menggelar razia Minggu (24/2) malam, aparat penegak perda berhasil menita puluhan botol miras. Anehnya, miras tersebut ditemukan di sebuah toko onderdil.

DIKENAI TIPIRING: Pemilik toko onderdil yang ketahuan jual miras ini akan dikenai sidang tipiring. (Satpol PP Kabupaten Pasuruan for Jawa Pos Radar Bromo)

Sejatinya razia Minggu malam lalu sasarannya adalah untuk menekan penyakit masyarakat. Dalam razia tersebut, menyisiri sejumlah rumah kost dan dan toko. Nah, saat menyisiri toko di Warungdowo, Pohjentrek, petugas menemukan puluhan botol minuman keras.

Ajar Dollar, Kasi Operasi dan Pengendalian Satpol PP Kabupaten Pasuruan mengatakan, razia ini dilakukan oleh Satpol PP Kabupaten Pasuruan bersama Muspika Kecamatan Pohjentrek. “Awalnya karena ada laporan dari warga terkait keresahan adanya minuman keras di kost. Sehingga langkah awal kami adalah melakukan pengawasan di kost di daerah sekitar Pasar Warungdowo, Pohjentrek,” terangnya.

Razia ini mulai dilakukan sekitar pukul 21.00. Sayang, saat razia di sejumlah rumah kost, petugas tak menekukan minuman keras. Bahkan identitas penghuni kost, lengkap karena sudah terdaftar di RT/RW setempat.

Akhirnya razia diarahkan juga ke toko onderdil yang juga menjadi satu pemilik dengan penghuni kost. Setelah digeledah sampai ke dalam, ditemukan dalam satu ruangan khusus ada minuman keras yang ditemukan.

“Pemiliknya yaitu YS. Alasannya menyimpan miras untuk persediaan saja. Tapi anehnya kok cukup banyak dan akhirnya kami sita,” terangnya.

Dalam razia tersebut miras yang disita adalah jenis Iceland 10 botol, Vodca 24 botol, 5 krat botol Guines Kecil dan 3 krat bir Bintang. Pemilik miras tersebut diproses tindak pidana ringan (tipiring). Mereka dianggap melanggar Perda 10/2009 tentang Pengawasan, Pengendalian, dan Penertiban terhadap Peredaran dan Penjualan Minuman Beralkohol di Kabupaten Pasuruan. (eka/fun)