14 Peserta Berebut 4 Kursi Petugas Haji

PROBOLINGGO – Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Probolinggo, tahun ini mendapatkan kuota empat petugas haji. Senin (25/2) lalu, ada 14 peserta yang mengikuti tes seleksi untuk menduduki posisi ini.

Kebutuhan empat petugas itu, masing-masing dibagi menjadi dua orang Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI) dan dua orang Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI). Para peserta yang mendaftar dan mengikuti tes seleksi itu, ada sembilan peserta TPHI dan lima peserta TPIHI.

Kepala Kemenag Kabupaten Probolinggo Santoso mengatakan, pihaknya memberikan ruang kepada semua warga untuk menjadi petugas haji. “Ada 14 orang yang menjadi peserta tes seleksi petugas haji. Mereka memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi petugas haji. Tapi, semua tergantung hasil tes seleksi,” ujarnya.

Santoso mengatakan, 14 peserta itu sudah mengikuti tes seleksi. Dari belasan peserta itu, masing-masing akan diambil empat orang. Empat calon petugas TPHI dan empat petugas TPIHI hasil terbaik itu akan dikirim ke Kemenag Kanwil Jatim untuk diputuskan dua petugas TPHI dan dua petugas TPIHI. “Dari hasil tes seleksi, nanti masing-masing akan kami ambil dua kali dari kuota,” ujarnya.

Selain tes seleksi TPHI dan TPIHI, Santoso mengaku, pihaknya juga mengadakan tes seleksi Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH). “Ada lima peserta calon PPIH, mereka sudah mengikuti tes dan hasilnya dikirim ke Kemenag Kanwil Jatim,” ujarnya. (mas/rud)