Antisipasi Gangguan Pelaksanaan UNBK dengan Siapkan Tim Teknis

MAYANGAN – Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Kota Probolinggo menyiapkan tim teknis untuk mengatasi gangguan selama pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Akan ada 4 tim teknis yang bergerak selama pelaksanaan UNBK pada April 2019.

Hal ini diungkapkan Moch Maskur, kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Kota Probolinggo, Selasa (26/2). “Ada empat tim teknis yang kami siapkan untuk membantu sekolah jika ada kendala saat pelaksanaan UNBK. Setiap tim terdiri atas 2 orang,” ujarnya saat ditemui usai memantau tryout UNBK 4 SMPN bersama Wakil Wali Kota Moch Soufis Subri.

Contohnya saat tryout UNBK di SMPN 6, terjadi kendala pada jaringan komputer. Ruangan lab tidak bisa digunakan untuk tryout karena komputer tidak tersambung dengan jaringan.

“Untuk yang di SMPN 6 itu, tim yang ada di SMPN 8 sudah bergerak membantu supaya bisa lancar kembali. Tadi itu terkendala jaringan di salah satu lab komputer,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Probolinggo Moch Soufis Subri menjelaskan, tidak ada persoalan berat terkait gangguan jaringan di SMPN 6. Gangguan ini terjadi karena masalah jaringan.

“Dalam Sistem IT gangguan jaringan itu sebenarnya sudah biasa. Jadi, tidak perlu dikhawatirkan,” ujarnya.

Subri malah menilai lebih baik gangguan jaringan itu terjadi ketika tahapan tryout seperti saat ini. Bukan terjadi ketika hari H pelaksanaan UNBK.

“Guru dan peserta ujian juga tidak perlu cemas ketika tryout ini,” ujarnya. (put/hn)