Jalan Rusak di Wringin Anom Makan Korban, Warga Swadaya Perbaiki

RUSAK: Sejumlah siswa melintas di jalan kabupaten di Desa Wringin Anom, Kecamatan Tongas, Kabupaten Probolinggo, yang diperbaiki secara swadaya oleh warga, (26/2). (Arif Mashudi/Jawa Pos Radar Bromo)

Related Post

TONGAS – Rusaknya jalan kabupaten di Desa Wringin Anom, Kecamatan Tongas, Kabupaten Probolinggo, mengundang keprihatinan warga. Selasa (26/2), kepala Desa Wringin Anom bersama warga swadaya bekerja bakti menambal jalan yang rusak itu.

Sejatinya, kondisi jalan kabupaten mulai Pertigaan Tongas sudah bagus. Namun, saat memasuki jalan kabupaten di Desa Wringin Anom, jalannya banyak yang rusak. Terutama, di sisi selatan kantor Desa Wringin Anom. Sejumlah warga gotong royong memperbaiki jalan rusak dan berlubang cukup dalam itu.

Kepala Desa Wrigin Anom Syafi’i juga tampak berada di lokasi. Ia mengatakan, perbaikan jalan ini dilakukan dari hasil swadaya warga. Perbaikannya tidak dialokasikan dari dana desa karena statusnya jalan kabupaten. “Daripada semakin banyak yang jadi korban, lebih baik kami perbaiki. Warga tidak tahu itu jalan kabupaten atau jalan desa, warga mengadunya pasti ke desa,” ujarnya.

Syafi’i mengatakan, rusaknya jalan ini telah banyak membuat pengendara sepeda motor terjatuh. Terutama saat malam hari. “Paling kasihan itu ketika malam hari. Pengunjung Bromo, orang jauh dan tidak tahu jalan,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Probolinggo Prijono mengatakan, jalan itu masih digunakan PT Waskita (pelaksana jalan tol Pasuruan-Probolinggo) untuk menyelesaikan pembangunan jalan tol.

Sesuai kesepakatan, jalan itu akan diperbaiki oleh PT Waskita setelah pembangunan tol selesai. “Di Pemda ada tim bersama yang anggotanya juga termasuk PT Waskita. Nanti pasti kami akan koordinasikan,” ujarnya. (mas/rud)