Logistik Kotak Suara di Probolinggo Mulai Proses Rakit

MAYANGAN – KPU Kota Probolinggo saat ini masih proses merakit kotak suara. Sekitar 3.228 kotak suara disiapkan untuk pelaksanaan pemilu di Kota Probolinggo.

Sebagian besar kotak suara telah selesai dirakit. Kotak suara ini ditempatkan di gudang KPU, berdasarkan peruntukan surat suara.

“Selain dirakit, kami juga memasang stiker kotak suara. Untuk DPR RI, DPD, Pilpres, DPRD Provinsi, DPRD Kota, sudah dipisah-pisah,” ujar Djoko Wahyudi, komisioner KPU Divisi Data dan Informasi.

KPU sendiri telah memastikan keamanan kotak suara. Termasuk saat proses pengiriman kotak suara dari gudang KPU menuju kelurahan. KPU akan menggandeng PT Pos Indonesia untuk mengirim kotak suara dengan mobil boks tertutup.

“Pengiriman dengan mobil tertutup ini untuk mengantisipasi terjadinya hujan,” jelas Djoko.

Selain menyiapkan kotak suara, KPU Kota Probolinggo juga sedang memproses pelipatan surat suara untuk pemilu. Dari 5 surat suara yang ada, sudah empat surat suara yang diterima. Yaitu, surat suara untuk Pilpres, DPD, DPR RI, dan DPRD Provinsi Jawa Timur.

“Yang selesai dilipat baru surat suara DPR RI. Ada sekitar 100 surat suara DPR RI yang disortir karena rusak,” ujarnya.

Surat suara yang rusak ini akan dibuatkan berita acara. Namun, berita acara ini menunggu selesainya proses sortir dan melipat 5 surat suara. Berita acara ini akan disampaikan ke KPU RI untuk mendapatkan surat suara pengganti.

“Selanjukan surat suara yang rusak ini akan dikemanakan, masih menunggu petunjuk teknis dari KPU RI,” jelasnya.

Sementara itu, Wali Kota Probolinggo Hadi Zainal Abidin ikut memantau proses persiapan KPU dalam melaksanakan tahapan pemilu. Pemantauan dilakukan di gudang KPU di Kelurahan Pilang.

Dalam pemantauan itu, politisi PKB ini melihat kondisi kotak suara di gudang. Serta, proses pelipatan surat suara. Hadi memastikan bahwa Pemkot Probolinggo mendukung tahapan persiapan Pemilu 2019.

“Kami memantau kesiapan pemilu yang dilakukan KPU Kota Probolinggo. Termasuk mengecek kotak suara yang sempat dikabarkan tidak kuat. Cuma untuk pengiriman kotak suara ini perlu dilakukan dengan kendaraan tertutup,” ujarnya. (put/hn)