Promo Ponsel Ganggu Jalan, Satpol PP Beri Teguran

MAYANGAN – Aktivitas promo yang dilakukan Mentari Cell di Jalan dr. Soetomo Kota Probolinggo, dinilai mengganggu arus lalu lintas di jalan setempat. Satpol PP Kota Probolinggo pun memperingatkan toko yang menjual ponsel itu, Selasa (26/2) pagi.

Peringatan disampaikan secara lisan oleh petugas Satpol PP. Sebab, Satpol PP menerima laporan bahwa promo itu mengganggu aktivitas jalan setempat.

Salah satunya, Mentari Cell di jalan dr Soetomo memasang atribut promosi sebuah HP yang berukuran besar di bahu jalan. Sehingga, kerap menimbulkan protes dari pengguna jalan lainnya. Selain itu, karyawan Mentari Cell menyebar selebaran pada pengguna jalan dengan berdiri di tengah jalan.

Andre, karyawan Mentari Cell yang menemui Satpol PP menjelaskan, pemasangan atribut promosi telah mengantongi izin dari dinas terkait. Yaitu, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu. Izin pemasangan atribut tersebut dilakukan selama 4 hari, tanggal 25 hingga 28 Februari 2019.

“Untuk izinya sudah ada, kami perpanjang sebelumnya hingga tanggal 28. Namun, untuk pembayaran perpanjangan izinya masih diurus,” terangnya.

Terpisah Kasatpol PP Kota Probolinggo Agus Effendi mengatakan, izin yang didapat tetap tidak boleh mengganggu arus lalu lintas. Pihaknya menurut Agus, untuk tahap awal memberikan teguran lisan. Jika diulang, akan diberikan teguran tertulis.

“Kami tegur secara lisan. Kalau nanti malam (tadi malam, Red.) diulang, kami kirim teguran tertulis. Bisa kami cabut izin promonya,” terangnya.

Menurutnya, beberapa toko yang berada di Jl dr Soetomo kerap melapor pada pihaknya. “Banyak toko yang melapor. Memang, laporan itu berkaitan dengan persaingan toko. Namun, intinya memang tidak boleh mengganggu arus jalan,” tegasnya. (rpd/hn)