Tahun Ini Kuota Transmigrasi untuk Kota Pasuruan ke Kolaka di Sulteng

PURWOREJO – Rencana transmigrasi bagi sejumlah kepala keluarga (KK) di Kota Pasuruan tahun ini semakin dimatangkan. Pemkot Pasuruan menyebut, transmigrasi akan dilakukan ke Kabupaten Kolaka di Provinsi Sulawesi Tengah.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Pasuruan Mahbub Effendi mengungkapkan, awalnya Kota Pasuruan mendapatkan jatah transmigrasi ke Kalimantan Utara. Namun, rencana ini urung dilaksanakan. Jatah transmigrasi akhirnya dialihkan ke Kolaka, Sulawesi Tengah.

“Kalau jatah transmigrasi sendiri tetap untuk dua kepala keluarga (KK). Cuma lokasinya berubah. Kota Pasuruan dapat jatah ke Kolaka,” jelas Mahbub.

Mahbub menjelaskan, persyaratan untuk mengikuti program transmigrasi tetap. Di antaranya, harus berasal dari keluarga tidak mampu, berusia 18-50 tahun, sudah berkeluarga, memiliki KK, KTP, dan buku nikah. Lalu, sehat jasmani dan rohani dan memiliki keterampilan di bidang pertanian.

Di tempat tujuan, para transmigran akan diberi lahan seluas 2 hektare. Dengan perincian, rumah bertipe 36 dan pekarangan seluas seperempat hektare. Lalu, tiga perempat hektare lahan pertanian untuk lahan usaha I dan 1 hektare lahan pertanian untuk lahan usaha II. Selama satu tahun, mereka akan diberikan sembako oleh pemerintah setempat.

“Nantinya, rumah dan lahan pertanian akan menjadi milik transmigran. Cuma di tahun pertama mereka akan mendapatkan bantuan. Namun, di tahun kedua tidak diberikan lagi,” terang Mahbub. (riz/fun)