3 Bulan Berhasil Ungkap 35 Kasus Narkoba dengan 43 Tersangka

PURWOREJO – Polres Pasuruan Kota terus berupaya menekan peredaran narkotika di wilayah hukumnya. Dalam operasi selama tiga bulan terakhir, Satreskoba Polresta Pasuruan berhasil mengungkap 35 kasus narkotika. Mayoritas didominasi oleh sabu-sabu.

Hal ini terungkap dalam pers release ungkap satreskoba dalam 100 hari Kapolresta Pasuruan, AKBP Agus Sudaryatno. Agus mengungkapkan ada 35 kasus narkotika yang berhasil diungkap dengan jumlah tersangka 43 orang.

Ia merinci 23 kasus diantaranya merupakan merupakan sabu-sabu dengan 35 tersangka dan barang bukti (BB) 32,22 gram sabu dan 7 kasus lainnya adalah peredaran pil trihex, pil dextro dan pil double dengan 8 tersangka dan BB sebanyak 2.171 butir.

“Mayoritas yang kami ungkap adalah peredaran sabu-sabu. Kebanyakan tersangka ini merupakan pengedar asal Kabupaten Pasuruan,” jelasnya.

Kasatreskoba Polresta Pasuruan, AKP Imam Yuwono menambahkan pelaku ini mendapatkan barang haram tersebut dari sejumlah daerah di Kabupaten Pasuruan. Mayoritas karena faktor ekonomi untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Menurutnya, peredaran narkotika cukup massif dan mulai menyasar anak di bawah umur. Selama ini, pihaknya sempat mengamankan tiga pelaku di bawah umur dan masih berstatus anak SMA, namun untuk anak SD dan SMP belum ditemukan.

“Kami rutin melakukan sosialisasi berupa bahaya narkotika dan ragam jenisnya pada masyarakat dan sekolah bersama Binmas. Tujuannya untuk menekan peredarannya di tengah masyarakat,” pungkasnya. (riz/fun)