Pemeliharaan 7 RPH di Kab Pasuruan Telan Rp 1 M

PASURUAN – Kondisi Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Kabupaten Pasuruan mendapatkan perhatian. Tahun ini, Dinas Peternakan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Pasuruan mengalokasikan Rp 1 miliar untuk memperbaiki 7 RPH.

Plt Kepala UPT RPH Dinas Peternakan Kabupaten Pasuruan M. Syaifi mengatakan, RPH sudah cukup lama tidak mendapatkan anggaran pemeliharaan. Karenanya, tahun ini adanya anggaran ini digunakan untuk memperbaiki sarana dan prasaran RPH. “Anggaran pemeliharaan sementara ini hanya untuk 7 RPH. Meski total ada 10 RPH di Kabupaten Pasuruan,” ujarnya.

Menurutnya, tidak semua RPH mendapatkan anggaran pemeliharaan karena melihat skala prioritas. Tujuh RPH yang akan diperbaiki tahun ini, di antaranya RPH Gempol, Prigen, Sukorejo, Tutur, Wonorejo, Gondangwetan, dan RPH Nguling.

Syaifi mengatakan, bentuk pemeliharaan berbeda-beda, tergantung kebutuhan. Namun, paling banyak untuk memperbaiki lantai dan dinding, terutama di ruang tempat penyucian jeroan. “Apalagi karena sudah lebih dari 3 tahun tidak ada pemeliharaan, sehingga ada yang lantai cor sudah rusak atau berlubang dan perlu dikeramik,” ujarnya.

Anggaran itu juga akan digunakan untuk pembangunan atap. Sehingga, tempat mencuci jeroan dan daging tidak kehujanan. Pengerjaannya ditargetkan dimulai pada triwulan ke dua 2019. Agar tidak mengganggu layanan pemotongan hewan, RPH akan memanfaatkan ruangan lain agar pemotongan tetap bisa berjalan.

“Termasuk mengatur waktu juga. Misalnya, pengerjaan perbaikan siang hari dan pemotongan bisa dini hari atau pagi. Sehingga, layanan tidak terganggu,” ujarnya. Pihaknya berharap, dengan adanya sejumlah perbaikan ini, sarana dan prasarana RPH lebih mendukung. (eka/rud)