Ditinggal Nambal Ban, Dapur Rumah Warga Mangunharjo Dilalap Api

MAYANGAN-Apes dialami Santoso, 70. Warga Jalan Kapten Patimura, Kelurahan Mangunharjo, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo ini dapurnya terbakar.

Insiden itu terjadi Kamis (28/1) lalu sekitar pukul 09.45. Beruntung, api berhasil dijinakkan sebelum membesar. Jumat pagi (1/2), Jawa Pos Radar Bromo mengunjungi rumah Santoso.

Dapurnya yang sempat dilalap api mulai dilakukan perbaikan. Meski hanya seadanya. Saat api melalap dapurnya, Santoso tak mengetahui persis. Sebab, saat itu dia berada di ruangan depan rumahnya. “Sepertinya akibat korsleting,” terangnya.

Sementara itu Ahmadi anggota Tagana mengatakan, pihaknya bersama dengan damkar Kota Probolinggo mendapatkan kabar terjadinya kebakaran pukul 10.00. Selanjutnya 10 menit kemudian, damkar tiba dilokasi dan langsung menjinakan api.

Beruntung, api tidak menjalar sampai menghanguskan semua ruangan dapur. Santoso sendiri, saat itu tinggal bersama dengan istrinya Rini Widyaningsih, 75 yang alami lumpuh.

          Api sendiri justru pertama kali diketahui oleh Hendro, 35 ketua RT setempat. Hendro melihat ada kepulan asap hitam diatas dapur rumah Santoso.

Dari situ, Hendro memanggil warga untuk melakukan pemadaman dengan alat seadanya. Sambil menuggu petugas damkar datang.

“Untuk pemilik rumah, tidak mengetahui kalau terjadi kebakaran dirumahnya karena yang terbakar berada di belakang. Sedangkan sang pemilik rumah berada di depan karena bekerja membuka tambal ban,” terang pria yang akrab disapa Adi itu.

Selain itu, warga juga berhasil menyelamatkan Rini istrinya yang lumpuh. “Dampak dari kejadian itu dua dapur dan peralatanya alami kerusakan. Kerugian ditaksir Rp 6 juta,” jelasnya. (rpd/mie)