Mundur, USBN-BK SD Digelar 2-4 Mei

MAYANGAN – Pelaksanaan Ujian Sekolah Berbasis Nasional-Berbasis Komputer (USBN-BK) sekolah dasar (SD) akan dilaksanakan awal Mei. Yaitu, tanggal 2, 3, dan 4 Mei 2019.

Kepastian itu diungkapkan Budi Wahyu Rianto, kepala Bidang Pendidikan Dasar, Disdikpora (Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga) Kota Probolinggo, Kamis (28/2). “Pelaksanaan USBN-BK dilakukan sebelum puasa,” ujarnya.

Jadwal ini mundur dari jadwal seharusnya yang dilakukan serentak nasional. Yaitu pada 22-25 April 2019. Pengunduran jadwal dilakukan karena bersamaan dengan jadwal tes UNBK SMP.

“Untuk USBN-BK ini juga akan menggunakan komputer dari SMPN, karena tidak semua SD (di Kota Probolingg) memiliki fasilitas komputer. Jika jadwal USBN-BK dan UNBK dilakukan bersama, sulit untuk dilakukan,” ujarnya.

USBN-BK dipilih awal Mei karena pada akhir April masih ada jadwal susulan untuk UNBK SMP. Yaitu, tanggal 27 dan 28 April. Sementara itu, tanggal 29 dan 30 April digunakan untuk membersihkan komputer sebelum digunakan untuk tes USBN-BK. “Komputer harus dibersihkan dulu agar tidak mengganggu peserta ujian USBN-BK,” jelasnya.

Saat ini lembaga SD baik negeri dan swasta yang akan menumpang USBN-BK sudah berkoordinasi dengan SMPN setempat. Sehingga, bisa memudahkan pengaturan jadwal pelaksanaan USBN-BK. “Termasuk siswa SD bisa melakukan tryout USBN-BK di SMPN terdekat,” jelasnya.

Dalam USBN-BK ini, ada 3 bidang studi yang akan diujikan. Yaitu Bahasa Indonesia, Matematika, dan IPA. Masing-masing bidang studi mendapatkan waktu untuk mengerjakan 120 menit. (put/hn/mie)