Pimpinan Harus Lapor Absensi, Pemkab Juga Bakal Sidak Rutin

KRAKSAAN – Pemkab memastikan akan melakukan inspeksi mendadak (sidak) secara rutin terhadap absensi pegawai. Hal itu dilakukan untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dan disiplin Aparatur Sipil Negara (ASN) di daerahnya.

Sidak rutin tersebut disampaikan Asisten Administrasi Umum Sekretaris Daerah setempat Anung Widiarto. Tak sekadar sidak. Pimpinan OPD kini juga wajib melaporkan absensi bawahannya.

Menurut Anung Widoarto, sidak tersebut sudah dilakukan mulai Rabu (27/2) lalu. Pihaknya telah melakukan sidak ke kantor-kantor OPD terkait yang ada di kompleks perkantoran pemkab di Kraksaan. “Jadi sudah mulai. Namun masih tidak ditemukan ASN yang melanggar. Nanti kami akan gelar lagi secara mendadak,” ujarnya saat dikonfirmasi.

Menurut pria yang akrab disapa Anung itu menjelaskan, sidak akan kembali digelar dengan menggandeng Badan Kepegawaian Daerah (BKD). “Bukan untuk mencari kesalahan pegawai. Tetapi lebih kepada orientasi penegakan disiplin ASN. Disiplin akan menentukan kualitas SDM dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” jelasnya.

Selain melakukan sidak ASN pada waktu pelaksanaan apel pagi, pihaknya juga akan melakukan pembinaan pegawai ASN secara rutin. Sehingga kedepan bisa lebih baik lagi. Baik dari segi kinerja maupun pelayanan terhadap masyarakat.

“Kami akan memberikan tugas tambahan kepada pimpinan OPD. Yaitu tugasnya agar memantau kehadiran anak buahnya. Hasilnya nanti akan dilaporkan kepada Ibu Bupati,” ujarnya. (sid/fun)