Realisasi Bantuan Pangan Non Tunai Sudah Capai 97 Persen

PASURUAN – Hampir seluruh keluarga penerima manfaat (KPM) di Kota Pasuruan telah menerima dana bantuan dari program bantuan pangan non tunai (BPNT) untuk bulan Januari. Meskipun sebelumnya sempat mengalami keterlambatan selama dua pekan.

Kepala Dinas Sosial Kota Pasuruan, Nila Wahyuni menjelaskan, penyaluran bantuan untuk bulan Januari memang sempat mengalami keterlambatan. Menurutnya, hal itu dikarenakan adanya kendala teknis dari pusat.

“Kemudian kami sampaikan KPM agar sabar menunggu. Penyaluran bantuan untuk bulan Januari kemudian dilakukan pada tanggal 13, 14, dan 15 Februari,” kata Nila Kamis (28/2).

Penyaluran bantuan itu, kata Nila, disalurkan melalui 39 agen penyalur yang tersebar di seluruh kelurahan. Setiap KPM menerima bantuan senilai Rp 110 ribu yang ditransfer melalui rekening masing-masing. Bantuan tersebut kemudian dibelanjakan untuk pasokan bahan pangan pokok.

Dari sebanyak 7.778 KPM, hanya 7.614 KPM yang telah menerima penyaluran bantuan. Menurut Nila, realisasi penyaluran bantuan per Januari mencapai 97,86 persen.

“Ada 164 KPM yang belum tersalurkan,” ucapnya. Hal itu dikarenakam beberapa hal. Seperti KPM yang telah meninggal sebanyak 28, dan kartu keluarga sejahtera yang bermasalah sebanyak 92. Selebihnya, dikarenakan KPM yang telah pindah domisili dan belum bertransaksi. (tom/fun)