Sebulan, 7.078 Pengendara di Kabupaten Pasuruan Kena Tilang

DIPERIKSA: Petugas Satlantas Polres Pasuruan memeriksa surat-surat kendaraan salah seorang pemotor, beberapa waktu lalu. Selama Februari, Satlantas mencatat ada 7.078 pelanggar. (Iwan Andrik/Jawa Pos Radar Bromo)

Related Post

BANGIL – Kesadaran hukum pengemudi kendaraan bermotor yang melintas di wilayah hukum Polres Pasuruan, masih perlu terus dipupuk. Dalam sebulan, Satlantas Polres Pasuruan mendapati ada 7.078 pengendara melanggar peraturan lalu lintas.

Kanit Regiden Satlantas Polres Pasuruan Iptu Meita Annisa Syaputra mengatakan, temuan pelanggaran itu berdasarkan hasil Operasi Sistem Potensial Poin Target (SPPT). Operasi ini berlangsung selama sebulan, mulai 1 Februari hingga 28 Februari.

Selama SPPT, pihaknya mendapati banyak pengendara yang melanggar. Tercatat ada 7.078 pengendara. Mayoritas mereka pengendara sepeda motor yang mencapai 6.611 pelanggar. Disusul kendaraan truk dan pikap. “Dominan pelanggarnya pengendara roda dua. Lebih dari 80 persen roda dua,” ujarnya.

Pelanggaran yang ditemukan beragam. Mulai tidak membawa surat-surat kendaraan, boncengan tiga, tidak memakai helm, dan pelanggaran kelengkapan lainnya. “Padahal, pelanggaran disiplin itu rawan terjadinya kecelakaan,” ujarnya. (one/rud)