Tebar Benih Kakap Putih di Pantai Bentar, 5 Bulan Lagi Bisa Dipanen

GENDING – Kabupaten Probolinggo kembali mendapatkan perhatian dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KPP). Kamis (28/2), sebanyak 15 ribu benih ikan kakap putih bantuan dari KKP ditebarkan di perairan laut wilayah Kabupaten Probolinggo pantai Bentar Gending. Bantuan itu sebagai bentuk komitmen KPP untuk mendukung percepatan pembangunan perikanan di Kabupaten Probolinggo.

Direktur Jenderal Perikanan Budidaya, Slamet Soebjakto, dalam keterangannya saat penyerahan bantuan pemerintah di Kabupaten Probolinggo mengatakan, program dukungan KKP diarahkan agar menyentuh langsung para pelaku utama. Ada 2 fokus utama KKP yakni bagaimana dukungan ini dapat secara langsung meningkatkan produktivitas dan efisiensi. Sehingga pelaku utama mendapatkan nilai tambah keuntungan yang lebih besar dan kapasitas usaha yang lebih kuat.

”Total dukungan KKP tersebut diperkirakan hingga mencapai lebih kurang Rp 14,05 miliar. Mulai dari input produksi, sarana perikanan, fasilitasi pembiayaan, perlindungan pelaku utama melalui asuransi dan sertifikasi hak atas tanah, pengembangan SDM anak pelaku utama perikanan dan bentuk lainnya,” terangnya.

Slamet menjelaskan, KKP terus mendorong peningkatan kesejahteran pelaku utama perikanan. Bahkan, pihaknya memastikan program ini bisa memberikan dampak positif bagi perbaikan struktur ekonomi masyarakat dan tentunya perekonomian daerah.

”Pendapatan pelaku usaha kelautan dan perikanan juga tercatat mengalami kenaikan. Tahun 2017 rata-rata pendapatan nelayan sebesar Rp 3,439 juta naik menjadi Rp 3,636 juta pada tahun 2018 (angka sementara). Demikian pula dengan pembudidaya ikan, pada periode yang sama naik dari Rp 3,298 juta menjadi Rp 3,385 juta,” terangnya.

Disinggung soal bantuan 15 ribu benih ikan kakap putih? Slamet menjelaskan, Kabupaten Probolinggo memiliki perairan laut yang begitu kaya. Dulunya perairan Kabupaten Probolinggo kaya dengan ikan karang. Pengurangan ikan karang itu diperkirakan sampai 70 persen. Tapi terlihat, saat ini ikan kakap putih sudah berkurang karena penangkapan sudah banyak. Oleh karena itu, perlu peningkatan komunitas ikan kakap putih.

”Pelepasan ikan kakap putih ini harapannya bukan 5-6 bulan bisa ditangkap oleh masyarakat. Tetapi harapannya menjadi indukan-indukan kakap ikan putih. Ya diperkirakan 2 tahun sudah bisa menjadi indukan dan menjadi anak pinak,” terangnya.

Wakil Bupati Probolinggo H.A Timbul Prihanjoko saat dikonfirmasi mengatakan, berbagai dukungan Pemerintah pusat untuk Kabupaten Probolinggo terus bergulir. Harapannya, dukungan ini akan memberikan efek percepatan terhadap pembangunan di Probolinggo.

”Harapannya benih ikan yang sudah ditebar itu berkembang biak dulu. Harapannya ada pemerataan, sehingga kehidupan nelayan menjadi lebih baik,” katanya. (mas/fun)