2 Bulan, Baru 10 OPD Pemkot Probolinggo Setor Data Proyek Lelang

MAYANGAN-Sampai awal Maret 2019, masih sedikit jumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang menyerahkan data proyek yang akan masuk lelang pada 2019. Tercatat, baru 10 OPD.

Yaitu, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan; Satpol PP; Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR); Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora); Dinas Kesehatan; Dinas Perumahan dan Permukiman. Kemudian, Dinas Lingkungan Hidup; Dinas Perhubungan; Dinas Budaya dan Pariwisata; serta Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perdagangan dan Perindustrian (DKUPP) Kota Probolinggo.

Sementara, OPD yang telah menyerahkan dokumen lelang pun jauh lebih sedikit. Berdasarkan data dari Bagian Administrasi Pembangunan, hanya 3 OPD yang sudah menyerahkan dokumen lelang.

“Tiga OPD ini antara lain Satpol PP, DKUPP, dan PUPR. Dinas PUPR ini baru dua dokumen lelang yang masuk. Yaitu, proyek pembangunan perpustakaan dan arsip serta manajerial konstruksi Pasar Baru,” ujar Ghofur Efendi, kepala Bagian Administrasi Pembangunan, kemarin (1/3).

Dijelaskan Ghofur, untuk Satpol PP merupakan tender cepat. Bahkan, proses lelang sudah selesai dan sudah ada pemenang. Lalu, dokumen dari Dinas PUPR sudah dikembalikan ke OPD untuk dilengkapi kembali.

“Sedangkan dokumen dari DKUPP masih akan dicek oleh Pokja. Untuk memastikan apakah dokumen sudah lengkap,” ujarnya.

Saat disinggung mengenai minimnya OPD yang menyetorkan data proyek lelang, Ghofur mengaku tidak tahu pasti penyebabnya. Padahal, pengumuman sudah dilakukan sejak Januari agar OPD menyampaikan kegiatan lelang yang akan dilakukan pada 2019.

“Bisa jadi  karena di OPD tidak ada kegiatan dengan anggaran Rp 200 juta yang diwajibkan untuk lelang. Terakhir, kami menyurati OPD pada 15 Februari untuk menyampaikan data proyek lelang. Hanya data saja sebenarnya,” ujarnya.

Dengan adanya data proyek ini, bagian administrasi pembangunan bisa langsung membagi ke pokja-pokja. Sehingga, ketika dokumen lelang masuk bisa segera diperiksa. Berikut rincian OPD yang telah menyerahkan data lelang dan yang belum:

 

OPD yang Serahkan Data Lelang

  1. Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan
  2. Satpol PP
  3. Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR)
  4. Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora)
  5. Dinas Kesehatan
  6. Dinas Perumahan dan Permukiman
  7. Dinas Lingkungan Hidup
  8. Dinas Perhubungan
  9. Dinas Budaya dan Pariwisata
  10. Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perdagangan, dan Perindustrian (DKUPP)

 

OPD yang Setor Dokumen lelang

  1. Dinas PUPR

Pembangunan Perpustakaan Umum

Lelang Manajerial Konstruksi Pasar Baru

  1. DKUPP

Lelang pembangunan kelanjutan Pasar Kronong

  1. Satpol PP

Lelang pengadaan seragam Linmas

Lelang seragam harian Satpol PP. (put/hn)