Dukung Evaluasi Lahan Pacuan Kuda di Ledug Agar Segera Dimanfaatkan

PRIGEN – Rencana Pemkab Pasuruan mengevaluasi ulang proses tukar guling lahan pacuan kuda, di Kelurahan Ledug, Kecamatan Prigen, mendapat dukungan dari legislatif. Bahkan evaluasi atas lahan yang kini dikelola pihak ketiga tersebut, alangkah lebih baik dilakukan secepatnya.

Dukungan itu salah satunya diungkapkan Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan Sudiono Fauzan. Ditemui koran ini dikantornya, Mas Dion-panggilan akrab Sudiono Fauzan mengatakan, evaluasi ulang tukar guling tersebut sudah seharusnya dilakukan. Karena proses dilapangan hingga puluhan tahun lamanya.

“Investor yang ada saat ini sudah saatnya dievaluasi. Mestinya proses tukar guling tuntas. Tapi ternyata masih belum juga. Bisa dikatakan kurang komitmen atau kurang serius,” ungkapnya.

Kalau memang investor yang ada saat ini belum bisa menuntaskan proses tukar gulingnya dan memberi lahan penggantinya, ada baiknya perlu diganti investor lain. Investor itu harus lebih siap dan punya komitmen serta kemampuan finansial yang mencukupi dan mumpuni. Sehingga lapangan pacuan kuda bisa dikelola menjadi tempat wisata.

“Pemanfaatan lahan pacuan kuda menjadi wisata, butuh biaya dan pendanaan besar. Pastinya tetap harus mengandeng investor, tentunya yang siap sekaligus komitmen,” katanya. Apalagi, lahan di Ledug lokasinya strategis dan sangat luas.

“Pembangunan obyek wisata tetap jadi tanggungan investor, pemkab atau daerah yang memenuhi sarpras penunjangnya. Jika ini digarap serius, pastinya berhasil sekaligus sukses,” imbuhnya.

Seperti yang pernah diberitakan, pemkab memiliki aset berupa lahan di ledug. Lahan itu sempat ditukar guling dengan melibatkan PT Kharisma Matahari dari Surabaya. Namun proses tukar guling sejak 1990 lalu belum juga tuntas sampai dengan sekarang. (zal/fun)