Jelang Pemilu, Kantor DPRD Sering Lengang, Dewan juga Jarang Nampak

BANGIL – Pemilihan legislatif tahun 2019 berpengaruh terhadap kinerja dewan. Betapa tidak, gencarnya mencari suara, membuat konsentrasi mereka untuk menyelesaikan “tugas negara”, patut dipertanyakan.

Hal itu terlihat dari aktifitas dewan di kantor. Seperti Kamis (28/2) lalu. Kantor dewan relatif lengang, lantaran minimnya anggota yang datang.

Padahal, mereka diburu waktu, untuk menyelesaikan tanggungan pembahasan raperda. Yakni empat raperda RDTR yang merupakan usulan eksekutif, serta empat raperda inisiatif.

Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan, Sudiono Fauzan menyampaikan, aktivitas anggota legislatif jelang pileg memang meningkat. Maklum, mereka harus berburu “massa” untuk mendukung suara ketika waktu pencoblosan tiba.

Bahkan, waktu untuk bertemu keluarga pun berkurang. “Kami biasanya baru pulang, hingga larut malam,” jelasnya.

Kendati begitu, pihaknya meyakinkan, kalau legislatif tak mengabaikan tugas. Meski sibuk mencari suara, tugas sebagai legislatif tetap dijalankan.

“Sekarang kan masa pembahasan raperda. Dan setiap pansus memiliki agenda. Jadi tidak harus serentak di kantor dewan. Tergantung jadwal yang telah ditentukan,” terangnya.

Ia menambahkan, masa pembahasan raperda masih relatif terbilang panjang. Karena masih ada waktu hingga sepekan. Waktu tersebut diklaimnya cukup untuk menyelesaikan raperda yang ada. (one/fun)