Kemenhub Siapkan Rp 75 Juta untuk Lebarkan Jalur Bus

PANDAAN – Pembenahan dan perbaikan terus dilakukan Kementerian Perhubungan RI untuk Terminal Tipe A Pandaan. Di tahun ini Kemenhub akan melakukan pelebaran jalur bus di sebelah timur maupun selatan.

“Tahun ini tiap jalurnya ada dua lajur untuk bus, karena dari pusat dapat kucuran dana Rp 75 juta via APBN untuk pelebaran jalur busnya,” kata Kriswantoro, kepala Terminal Tipe A Pandaan.

Pelebaran jalur bus ini peruntukannnya untuk bus antar kota antar provinsi (AKAP), maupun antar kota dalam provinsi (AKDP). Pelebaran jalur ini merupakan usulan sejak tahun lalu, sekaligus kebutuhan dilapangan.

Menurut Kriswantoro, jalur bus sudah saatnya dilebarkan. Menginggat volume bus melintas di terminal ini jumlahnya cukup banyak tiap harinya. Dari pagi sampai dengan malam hari, kira-kira terminal Pandaan per harinya rata-rata sekitar 200 bus yang masuk.

“Saat ini masih proses perencanaan. Targetnya sebelum Ramadan atau puasa sudah harus tuntas pembangunan fisiknya. Sehingga lebaran bisa operasional maksimal,” ungkapnya. (zal/fun)