Pemilu Kian Dekat, Minta Aktifkan Lagi Siskamling di Probolinggo

MAYANGAN –Persiapan pelaksanaan Pemilu 2019 di Kota Probolinggo, memerlukan kerja sama antara Polri, TNI, dan pemda untuk menciptakan suasana yang kondusif. Salah satunya dengan mengaktifkan lagi Siskamling.

Hal itu diungkapkan Wali Kota Hadi Zainal Abidin. Menurutnya, situasi politik menjelang Pemilu 2019, semakin memanas. Saat ini marak berita hoax. Untuk itu, diperlukan sinergi yang kuat antara pemda, aparat keamanan, masyarakat, dan komponen lainnya. Sehingga, terciptanya Kota Probolinggo yang kondusif.

Karena itu, Hadi ingin camat dan lurah mengaktifkan lagi Siskamling. “Untuk menjaga ketertiban menjelang pelaksanaan pemilu, saya ingin agar camat dan lurah mengaktifkan kembali Siskamling,” terangnya.

Kapolresta Probolinggo AKBP Alfian Nurrizal menambahkan, sulit memberantas tindak kriminalitas menjelang pemilu jika hanya mengandalkan aparat kepolisian. Oleh sebab itu, Polresta berharap ada kepedulian serta peningkatan pamswakarsa atau siskamling.

Alfian pun meminta warga agar turut menjaga kondusifitas lingkungannya. Jika memang didapati tindakan yang melanggar hukum, bisa segera melaporkan kepada pihak kepolisian.

Sebab, selain keterbatasan jumlah personel, tidak mungkin aparat berada di satu lokasi dalam waktu 24 jam. “Masyarakat harusnya tidak melulu mengandalkan aparat kepolisian. Mereka (masyarakat) juga harus bahu membahu menjaga ketertiban di lingkunganya,” bebernya.

Terakhir, dengan adanya peningkatan pamswakarsa atau pos-pos penjagaan, maka secara tidak langsung akan mengurangi tindak kriminal. (rpd/hn)