Sempat Molor, Pencairan Bantuan Operasional Kesehatan di Puskesmas Pandaan Akhirnya Tuntas

PANDAAN – Setelah sempat molor, pencairan Bantuan Operasional Kesehatan (BOK) dari pusat di Puskesmas Pandaan akhirnya tuntas. Dana tersebut telah diterima oleh para tenaga kesehatan, sekitar 50 orang penerima. Diantaranya bidan di desa dan kelurahan yang ada di Kecamatan Pandaan. Kemudian perawat, dokter, serta pengelola program lainnya.

“Dana BOK nya sudah dicairkan dan diterima oleh masing-masing yang berhak menerima dana tersebut. Pencairannya lebih cepat dari yang dijadwalkan,” terang kepala Puskesmas Pandaan Meita Devi R.

Disinggung total besaran BOK yang dicairkan secara akumulatif yang diterima masing-masing penerima anggaran dari pusat ini, dia enggan menyebutkan nominal rincianya. “Nilainya maaf tidak bisa saya sebut, bagi kami terpenting BOK nya sudah turun dan diterima masing-masing penerima,” ungkapnya.

Dari pelaporan yang masuk, pemanfaatan dananya paling besar terserap dalam perjalanan dinas. Lainnya kegiatan pustu, poskesdes, biaya penginapan dan sebagainya.

Tuntasnya proses pencairan BOK tersebut, ia katakan bersamaan dengan selesainya proses data entry nya juga. Karena sebelumnya terdapat data entry, ada yang belum selesai. Sehingga pencairannya menjadi molor atau tertunda katanya. (zal/fun)