Tergerus Hujan, Plengsengan di Winginanom Ini Ambrol

PANDAAN – Beberapa titik plensengan saluran sekunder Wringin Anom mengalami ambrol. Plengsengan yang ambrol itu berlokasi di bawah jalan tol Gempol–Pandaan (mapan), Desa Kebonwaris, Kecamatan Pandaan.

Pantauan media ini, plengsengan yang ambrol ada di empat titik. Menurut warga sekitar, ambrolnya plengsengan saluran sekunder tersebut sudah terjadi sekitar tiga bulan terakhir.

“Kami ketahui kondisi seperti ini sudah saat curah hujan tinggi. Awalnya biasa, lama kelamaan meluas dan melebar,” kata Tarmudji, warga sekitar.

Menurutnya, jika tidak diperbaiki segera, maka ambrolnya dipastikan akan lebih luas. Apalagi saat ini masih masuk penghujan. “Tentunya tidak boleh dibiarkan begitu saja, tapi harus diperbaiki. Apalagi lokasinya dekat dengan jembatan ruas jalan tol gempan,” ungkapnya.

Terkait ini, ditanggapi pihak dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air dan Tata Ruang Kabupaten Pasuruan. Melalui kabid bina manfaat Chafidon, instansinya sudah turun ke lapangan. Baik melakukan survey sekaligus pengecekannya langsung ke lokasi.

“Untuk perbaikannya diupayakan secepatnya. Kami akan koordinasi dengan pihak tol gempan,” tuturnya. (zal/fun)