Tiga Bulan Edarkan Sabu, Pemuda Tambakrejo Kraton Ditangkap

KRATON-Sugiatmoko Abi Baskoro, 22, warga Desa Tambakrejo, Kecamatan Kraton, Kabupaten Pasuruan, kini harus menjalani hari-harinya di balik jeruji besi. Pria yang bekerja serabutan ini dibekuk Satreskoba Polresta Pasuruan karena mengedarkan sabu-sabu.

Ia ditangkap di sebuah indekos di Desa Suko, Kecamatan Kraton, Kamis (14/2) sekitar pukul 18.30. Dari pelaku, petugas mengamankan satu klip sabu seberat 0,31 gram; satu HP warna putih; satu buah korek api gas; satu buah sedotan plastik; dan satu buah rangkaian alat sabu.

Kasatreskoba Polresta Pasuruan AKP Imam Yuwono mengungkapkan, penangkapan ini dilakukan setelah pihaknya mendapat informasi bahwa indekos itu kerap digunakan untuk jual beli narkotika. Saat digeledah, pihaknya memang menemukan barang bukti (BB) tersebut.

Kepada penyidik, Sugiatmoko mengaku sudah tiga bulan terakhir jual-beli sabu. Setiap paket sabu dijual dengan harga Rp 200 ribu sampai 400 ribu dengan keuntungan Rp 50 ribu untuk setiap paket yang terjual.

Paket sabu ini diperoleh dari sejumlah lokasi di Kabupaten Pasuruan. Hasil penjualan sabu ini digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Sebab, pelaku tidak memiliki pekerjaan tetap.

“BB yang kami temukan itu disimpan di botol mineral. Ia dikenakan pasal 112 ayat 1 atau pasal 114 ayat 1 UU Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika. Ancaman hukumannya lima tahun,” jelas mantan Panit Diresnarkoba Polda Jatim ini. (riz/hn)