Dahulukan Sortir Surat Suara untuk DPRD Kota

PASURUAN – Kebutuhan surat suara yang akan digunakan dalam Pemilu 2019, terus dipasok. Jumat (1/3) malam, KPU Kota Pasuruan kembali menerima distribusi surat suara dari KPU RI.

Malam itu ada tiga jenis surat suara yang diterima KPU. Berupa surat suara pemilihan presiden-wakil presiden, DPD RI, dan DPRD Kota Pasuruan. Sebelumnya, KPU telah menerima dua jenis surat suara. Yakni, surat suara untuk pemilihan DPR RI dan DPRD Jawa Timur.

Sesampai di kantor KPU Pasuruan, belasan petugas langsung membongkar muatan truk secara bergiliran. Seluruh surat suara dalam boks dengan kondisi tersegel itu, diturunkan dan di simpan di gudang KPU. “Kali ini ada tiga jenis surat suara yang dikirim. Jadi, sekarang sudah lengkap. Ada lima jenis surat suara di gudang kami,” ujar Ketua KPU Kota Pasuruan, Fuad Fatoni, Sabtu (2/3).

Dia membeberkan, surat suara pemilihan presiden-wakil presiden diterima sebanyak 76 boks. Masing-masing boks berisi 2.000 lembar. Sedangkan surat suara pemilihan DPD RI ada 301 boks. Setiap boks terdapat 500 lembar surat suara. “Surat suara pemilihan DPRD Kota Pasuruan ada 310 boks. Dan itu sudah dibedakan sesuai dapil (daerah pemilihan) yang ada,” jelas Fuad.

Dalam pesta demokrasi pada 17 April nanti, jumlah surat suara yang dibutuhkan di Kota Pasuruan mencapai 150.766 lembar. Angka itu ditentukan berdasarkan daftar pemilih tetap serta penambahan 2 persen pemilih di setiap tempat pemungutan suara (TPS).

Karenanya, kata Fuad, pihaknya segera memastikan kesesuaian surat suara yang diterima dengan jumlah yang dibutuhkan. Itu dilakukan dengan mengerahkan 38 pekerja untuk menyortir sekaligus melipatnya. “Sortir dan pelipatan surat suara DPRD Kota Pasuruan akan didahulukan. Karena kami menilai nantinya agak ribet, perlu pemilahan sesuai dapil-nya,” ujarnya. (tom/rud)