Akses Seruni Point Bromo Rusak, Dianggarkan Rp 200 Juta

SUKAPURA – Destinasi wisata Puncak Seruni Point di Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo, terus mendapat perhatian. Tahun ini, Pemkab Probolinggo mengalokasikan anggaran sekitar Rp 200 juta dari APBD. Anggaran ini akan digunakan untuk memperbaiki jalan menuju Puncak Seruni Point.

Dari pantauan Jawa Pos Radar Bromo, akses menuju Puncak Seruni Point mulai Cemorolawang banyak yang rusak. Jalan beraspal yang menjadi satu-satunya akses menuju tempat wisata ini banyak mengelupas.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Probolinggo Prijono mengatakan, tahun ini sudah dialokasikan anggaran untuk penanganan jalan rusak menuju Puncak Seruni Point. Perbaikan itu untuk menunjang infrastruktur jalan. “Wisata Puncak Seruni Point sudah dialokasikan Rp 200 juta. Itu, untuk kegiatan perbaikan jalan,” katanya.

Prijono menjelaskan, kegiatan pemeliharaan jalan menuju Puncak Seruni Point masih dalam tahap perencanaan. Pihaknya belum dapat menentukan pemeliharaan berupa rabat beton atau perbaiki jalan aspal yang rusak. Namun, anggaran Rp 200 juta itu khusus jalan menuju Puncak Seruni Point. “Dengan anggaran Rp 200 juta, diperkirakan pemeliharaan jalan nantinya sepanjang sekitar 1 kilometer,” ujarnya.

Prijono mengatakan, bulan ini perencanaan diperkirakan sudah rampung dan akan dilanjutkan dengan proses lelang. Pihaknya menargetkan, akhir bulan depan pemeliharaan jalan itu mulai dikerjakan. “Kami perkirakan akhir bulan April sudah mulai dikerjakan,” ujarnya. (mas/rud)