Ekskavasi Bata Cagar Budaya di Candiwates Ditunda, Ini Penyebabnya

PRIGEN – Rencana ekskavasi struktur bata cagar budaya di Dusun Kalongan, Desa Candiwates, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, sejatinya telah diagendakan dilanjutkan pada awal tahun ini. Namun, akhirnya diundur karena intensitas hujan yang masih tinggi.

“Ekskavasi kami pastikan tetap ada. Sementara kami tunda dulu pelaksanaannya karena saat ini belum memungkinkan,” ujar Kepala Bidang Seni dan Budaya Disbudpar Kabupaten Pasuruan Nurul Hudayati.

Nurul mengatakan, ekskavasi itu diagendakan akan dilakukan pada triwulan ke dua tahun ini. Ia mengaku tengah berkoordinasi dengan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur, sebagai pelaksana. Dalam kegiatan ini, pihaknya telah mengalokasikan anggaran sekitar Rp 35 juta dari APBD 2019. Pelaksanaannya akan dibagi dalam dua tahap.

Nurul mengatakan, ekskavasi tahun kemarin yang dilakukan pada pertengahan Desember hanya berlangsung sepekan saja. Saat itu biayanya dialokasikan dari APBN sekitar Rp 15 juta. “Untuk ekskavasi tahap pertama tahun ini kemungkinan besar akhir triwulan ke dua. Tepatnya bulan Juni bersamaan mulai memasuki musim kemarau,” jelasnya. (zal/rud)