Tahun Ini Produksi Garam Digenjot Supaya Bisa Tembus 300 Ton

BANGIL – Pemkab Pasuruan menargetkan kenaikan produksi garam tahun ini. Langkah ini dilakukan untuk menunjang persediaan garam nasional.

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Pasuruan Slamet Nurhandoyo menguraikan, optimalisasi kawasan produksi garam di Kabupaten Pasuruan akan dilakukan. Hal ini tak lain agar produksi garam bisa menunjang persediaan garam nasional.

Ia mencatat, tahun 2019, target produksi garam di Kabupaten Pasuruan mencapai 15.500 ton. Jumlah tersebut, jauh lebih tinggi dibanding dengan target tahun sebelumnya.

“Kami menargetkan adanya kenaikan produksi garam hingga 300 ton. Di mana tahun 2018, target produksi kami sebanyak 15.200 ton,” sampainya.

Kenaikan tersebut, diproyeksikan bisa diperoleh dari 243 hektare lahan pertanian garam di Kabupaten Pasuruan. Ratusan hektare lahan pertanian garam itu, tersebar di sejumlah wilayah. Mulai dari Desa Raci, Kecamatan Bangil; Desa Gerongan dan Desa Kalirejo, Kecamatan Kraton; serta Desa Tambaklekok, Kecamatan Lekok.

“Dengan luasan tersebut, kami optimistis bisa merealisasikan target. Terlebih, seandainya musim kemarau tahun ini mumpuni,” pungkasnya. (one/fun)