Angin Kencang Berembus, Waspada Pohon Tumbang

MAYANGAN – Kencangnya embusan angin di wilayah Kota Probolinggo, menjadi perhatian serius Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Probolinggo. BPBD mengimbau warga tetap waspada, terutama dari bahaya pohon tumbang.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Probolinggo Prijo Djatmiko mengatakan, saat ini cuaca tidak menentu. Khususnya hujan. Sehingga, perlu diantisipasi adanya pohon tumbang akibat angin dan hujan.

Seperti Sabtu (2/3) pagi. Di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Semeru, sebatang pohon setinggi 8 meter tumbang. Beruntung pohon tidak sampai mengenai warga dan menimbulkan korban jiwa. Namun, pohon itu menimpa kabel listrik. Sehingga, pihaknya meminta PLN mematikan aliran listriknya agar pihaknya bisa mengevakuasi pohon itu.

Prijo mengatakan, pohon itu tumbang karena malam sebelumnya terjadi hujan lebat. Sehingga, akarnya tidak kuat menahan besarnya pohon. Pohon ini pun dievakuasi sekitar pukul 08.00. “Akibat hujan yang lumayan deras disertai angin mengakibatkan akar pohon terangkat, sehingga tumbang,” ujarnya.

Mendapati kejadian ini, pihaknya mengimbau warga untuk tetap waspada. Tujuannya, meminimalisasi adanya korban dampak dari bencana alam. “Kami imbau agar masyarakat tetap berhati-hati,” ujarnya. (rpd/rud)