Dispendukcapil Target Selesaikan Tunggakan e-KTP sebelum Pemilu

BANGIL – Percepatan pencetakan e-KTP dilakukan Dispendukcapil Kabupaten Pasuruan. Langkah ini dilakukan, untuk mengejar “tanggungan” yang belum diselesaikan.

Kepala Dispendukcapil Kabupaten Pasuruan, Yudha Tri Widya Sasongko mengungkapkan, jumlah surat keterangan yang beredar di masyarakat cukup besar. Mencapai kurang lebih 60 ribu lembar. Jumlah tersebut ditargetkannya agar bisa segera diselesaikan. Setidaknya, April sebelum Pilpres sudah dirampungkan.

“Kami mengejar penyelesaian tunggakan e-KTP. Jumlahnya cukup besar. Ada sekitar 60 ribuan suket (surat keterangan, red) yang harus kami gantikan KTP elektronik,” sampainya.

Ia menambahkan, untuk menyelesaikan tunggakan tersebut, optimalisasi petugas dilakukan. Terlebih, dengan ketersediaan blanko KTP elektronik yang cukup memadai.

Sebelumnya, Dispendukcapil sudah memperoleh 30 ribu lembar. Jumlah itu, sebagian besar sudah dilakukan pencetakan. “Kami juga baru mendapatkan tambahan blanko. Jumlahnya sekitar 6 ribu lembar. Total ada 36 ribu blanko yang kami dapatkan awal tahun ini,” urainya. (one/fun)