Kasus KSU Mitra Perkasa, Zulkifli Chalik Ajukan Banding

MAYANGAN – Putusan Pengadilan Negeri (PN) Probolinggo terkait perkara piutang Koperasi Serba Usaha Mitra Perkasa (KSU-MP) belum membuat para pihak puas. Pihak Zulkifli Chalik sebagai tergugat mengajukan banding ke Pengadilan Tinggi Surabaya. Senin (4/3), memori banding itu diserahkan melalui PN Probolinggo.

“Hakim memang menilai gugatan yang diajukan penggugat kabur, sehingga tidak diterima oleh PN. Namun, kami menilai putusan hakim mengabaikan eksepsi tergugat terkait kelebihan bayar utang koperasi,” ujar Kuasa Hukum Zulkifli Chalik, Abdul Wahab Adhinegara.

Abdul Wahab mengatakan, pihaknya telah mengajukan pembelaan terkait gugatan KSU-MP. Berdasarkan perjanjian utang antara klienya dengan KSU-MP, utangnya hanya Rp 8 miliar. Bukan Rp 20 miliar seperti diklaimkan pihak koperasi. “Klaim KSU utangnya Rp 20 miliar sejak 2007, jadi Rp 146 miliar pada 2017. Dengan besaran bunga 2.000 persen. Padahal, dalam perjanjian dengan KSU utang pokok hanya Rp 8 miliar,” ujarnya.

Selain itu, dalam proses audit justru ditemukan ada kelebihan pembayaran Rp 15,5 miliar dari Zulkifli. Ditambah Rp 1 miliar selama proses hukum. “Total kelebihan bayarnya mencapai Rp 16,5 miliar. Ini tidak menjadi perhatian hakim. Makanya, kami ajukan banding,” ujarnya.

Sementara itu, Kuasa Hukum KSU-MP Putut Gunawarman menilai pengajuan banding pihak Zulkifli merupakan hak tergugat. “Itu hak mereka dan sesuai hukum acara. Dari kami saat ini sedang berkoordinasi dengan tim kuasa dan konsultan hukum untuk melakukan upaya lanjutan,” ujarnya.

Disinggung mengenai upaya lanjutan yang akan ditempuh, Putut enggan berbicara banyak. “Kami masih koordinasi dulu. Bisa upaya banding atau mengajukan gugatan baru,” ujarnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, PN Probolinggo menjatuhkan vonis terkait gugatan perdata KSU-MP terhadap Zulkifli Chalik terkait piutan koperasi. PN menyatakan, gugatan KSU-MP tidak diterima. Putusan itu tertuang dalam surat bernomor 37/Pdt.G/2018/PNPbl tertanggal 28 Februari 2019. (put/rud)