Kian Banyak Pejabat Rangkap Jabatan di Pemkab, Terbaru Asisten I Jabat Plt Satpol PP

PASURUAN – Posisi Kasatpol PP di Kabupaten Pasuruan yang kosong akhirnya terisi. Ini setelah Pemkab Pasuruan menunjuk Anang Saiful Wijaya untuk menjadi Pelaksana tugas (PLt) untuk menjadi komandan di organisasi perangkat daerah tersebut. Anang Saiful Wijaya yang saat ini menjadi Asisten I, harus merangkap jabatan.

Posisi Kasatpol PP memang kosong usai pemkab melantik Yudha Triwidya Sasongko sebagai Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil). Lantaran Anang Saiful Wijaya jabatannya ganda, maka posisi Plt Dinas Lingkungan Hidup (DLH) yang sebelumnya juga dijabatnya, untuk sementara dipegang Indra Hernandi.

Adanya rangkap jabatan ini diungkapkan Mujib Imron, Wakil Bupati Pasuruan saat ditemui di Pendapa Kabupaten Pasuruan, Senin (4/3). “Jadi untuk Plt kami angkat Asisten I yaitu Anang Saiful Wijaya untuk menjadi Plt Kasatpol PP,” terangnya.

Sebelumnya, Anang selain menjadi Asisten I, juga sebagai Plt Kepala DLH yang per awal tahun 2019 lalu juga kosong karena Muchaimin pensiun. Setelah Anang menjadi Plt Kasatpol PP, Indra Hernandi, Kepala bagian Administrasi, Keuangan, dan Perlengkapan Pemkab Pasuruan yang dipercaya sebagai Plt DLH sementara ini.

Gus Mujib -panggilan akrab- Mujib Imron menambahkan, tujuan utama pada pelantikan Dispendukcapil agar ada pergantian karena pejabat sebelumnya yakni Sunyono, sakit. Mutasi pun dilakukan agar layanan bisa efektif ke masyarakat. “Jadi dinas lain yang kosong, kami isi Plt agar kegiatan tetap berjalan dan fokus layanan ke masyarakat terus berjalan,” terangnya.

Pergantian kepala Satpol PP ke Dispendukcapil ini memang menambah dinas di Kabupaten Pasuruan yang dijabat Plt. Yaitu ada sebanyak 7 yaitu Dinas Tenaga Kerja, Dinas Sosial, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu (DPMPT), Badan Kepegawaian Dan Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD), dan juga Bappeda, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan Satpol PP. (eka/fun)