Pemilu 2019, Komisioner KPU Kab Probolinggo Full Wajah Baru

KRAKSAAN – Panitia seleksi calon anggota KPU Kabupaten Probolinggo merampungkan tugasnya memilih 10 nama. Namun, tak ada nama-nama lama yang lolos. Tiga petahana yang kembali mendaftar sama-sama rontok. Mereka yakni, Sugeng Harianto, Erfan Ghazi, dan Ainol.

Ketiga petahana itu tidak lolos dalam tahapan tes berbeda. Sugeng pertama kali rontok saat psikotes. Sementara Erfan dan Ainol yang masuk 15 besar, gagal lolos saat tes wawancara dan kesehatan yang menentukan untuk masuk 10 besar.

Dengan tidak lolosnya ketiga nama tersebut, dipastikan saat pemilu 17 April mendatang, seluruh anggota KPU Kabupaten Probolinggo adalah nama-nama baru.

Kini, 10 nama itu disodorkan ke KPU RI untuk menentukan siapa yang berada di posisi lima besar yang otomatis menjadi komisioner KPU periode mendatang. Sisanya, akan menjadi cadangan.

Keputusan timsel yang memilih 10 besar calon anggota KPU itu tertuang dalam keputusan nomor: 7/PP.06-Pu/35/tim-Sel/III/2019 tertanggal 4 Maret 2019 yang ditandatangani Ketua Timsel Suko Widodo. Terkait keputusan itu, Suko Widodo yang dihubungi Radar Bromo melalui ponselnya, tidak memberikan respons.

Sementara itu, Ketua KPU Jatim Choirul Anam mengatakan, pihaknya akan segera melakukan monitoring terhadap komisinoner baru tersebut. Tujuannya, untuk memberikan pembekalan-pembekalan agar komisioner yang baru bisa langsung tancap gas guna menyukseskan pemilu yang tinggal hitungan hari.

“Yang masuk komposisi 10 besar ini juga saya yakin bukan orang yang benar-benar baru di pemilu. Masih adalah dari mereka kawan-kawan PPK dan bisa langsung meng-upgrade diri masing-masing,” katanya saat dihubungi melalui telepon.

Pria yang akrab disapa Anam itu yakin pemilu berjalan lancar. Alasannya, kerja KPU sudah tersistem. “Insya Allah. Kerja kami kan selama ini tersistem. Selama meraka belum dilantik, kawan-kawan komisoner yang lama tetap melanjutkan tugasnya,” jelas mantan Wakil Ketua PW Pemuda Muhammadiyah Jatim itu.

Terkait pelantikan, Anam mengaku belum mengetahui kapan akan dilaksanakan. Menurutnya, merupakan keputusan KPU RI.

Terpisah, Ketua KPU Kabupaten Probolinggo Muhammad Zubaidi membenarkan jika tidak satu pun komisioner saat ini yang lolos 10 besar itu. “Iya, wajah baru semua,” ujarnya singkat. Sekalipun dalam 10 besar tidak ada petahana, ia optimistis pemilu berjalan lancar. (sid/rf)