Tergerus Longsor, Jalan Kabupaten di Sumber Rawan Putus

SUMBER – Tingginya curah hujan yang terjadi di wilayah Kecamatan Sumber, Kabupaten Pasuruan, Minggu (3/3) lalu, menimbulkan bencana longsor. Bencana ini nyaris membuat jalan kabupaten di Dusun Ledok, Desa Pandansari, Kecamatan Sumber, putus. Sebab, tanah di bawah jalan beton ini ambrol.

Camat Sumber Saniwar mengatakan, curah hujan mengakibatkan longsor di sejumlah titik. Salah satunya yang cukup berbahaya terjadi di Desa Pandansari. Salah satu titik jalan yang selama ini ramai arus lalu lintas longsor.

Bila tidak segera ditangani, rawan memutus jalan rabat beton. “Kami sudah sampaikan ke Ibu Bupati, terkait longsor dan kondisi terkini,” ujarnya.

Selain itu, menurut Saniwar, longsor juga terjadi di Desa Wonokerso. Di sana juga ada bahu dan badan jalan yang longsor dan sangat berisiko menimbulkan kecelakaan. Karenanya, oleh warga diberi kayu agar tetap bisa dilintasi. “Longsor itu terjadi setelah hujan dengan intensitas tinggi mulai pukul 13.00 sampai pukul 14.00,” ujarnya.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Probolinggo Anggit Hermanuadi mengaku, sudah memonitor bencana di sejumlah titik wilayah Kecamatan Sumber itu. Salah satunya di Desa Pandasari yang rawan mengakibatkan putusnya jalan kabupaten.

“Ada dua titik longsor yang berdekatan di Desa Pandansari. Lokasi pertama tempat penahan tanah atau plengsengan di bahu jalan ambrol dan sampai memakan badan jalan sekitar 50 sentimeter. Lokasi kedua material longsor menutupi akses jalan,” jelasnya.

Anggit mengatakan, penanganan awal sudah dilakukan oleh warga bersama relawanan. Di bawah jalan rabat beton yang longsor itu dipasangi bambu sebagai penyangga. Selanjutnya, pihaknya akan koordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk segera ditangani. “Kalau kondisi terakhir material longsor yang menutupi jalan sudah dievakuasi warga dan sudah dapat dilintas,” ujarnya. (mas/rud)