Ada Lima Surat Suara, PPK hingga KPPS Harus Cermat

MAYANGAN – KPU Kota Probolinggo meminta agar PPK, PPS, maupun KPPS cermat saat pelaksanaan Pemilu. Sebab, beban penyelenggara pemilu cukup tinggi dengan banyaknya jenis surat suara yang harus dicoblos oleh pemilih.

Hal ini diungkapkan Tirmidzi, komisioner Divisi Hukum KPU Kota Probolinggo saat bimbingan teknis, Senin (4/3). “Ada lima macam surat suara yang akan diterima pemilih, dengan jumlah KPPS tetap. Ini, membuat beban kerja lebih tinggi,” ujarnya.

Tirmidzi menyebut, dalam simulasi yang dilakukan KPU ada catatan penting tentang proses pelaksanaan pemilu. Seperti perlu adanya meja yang cukup besar di TPS untuk tempat berkas dokumen pemilihan.

“Selain itu, juga perlu dipertimbangkan kesalahan pemilih saat memasukkan surat suara ke kotak suara. Bisa saja surat suara DPD masuk ke kotak suara bukan untuk DPD,” ujarnya.

Salah memasukkan surat suara ke kotak suara ini masih bisa ditolerir. Namun, akan lebih rumit saat proses penghitungan surat suara.

“Penghitungan surat suara itu dimulai dari Pilpres, DPR RI, DPD, DPRD Jatim, baru terakhir DPRD kota. Jika di kotak suara DPR RI ada surat suara Pilpres, padahal Pilpres sudah direkap. Nah, ini harus diatur juga teknisnya,” ujarnya.

Salah satunya, saat proses penghitungan surat suara, lima kotak dibuka semua. Kemudian, surat suara yang salah tempat dipindahkan ke kotak yang seharusnya. Baru kemudian penghitungan dimulai. (put/hn)