Anggaran Reses Anggota Dewan di Kota Pasuruan Tak Berubah, Nilainya Segini

PANGGUNGREJO – Pemkot Pasuruan kembali mengalokasikan anggaran reses bagi puluhan anggota DPRD. Besarannya tidak berbeda dengan tahun lalu. Total dalam setahun reses ini menyedot anggaran Rp 315 juta melalui dana APBD.

Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Kota Pasuruan, Raden Murahanto mengungkapkan anggaran reses bagi anggota dewan sama dengan tahun lalu. Masing-masing anggota menerima Rp 10,5 juta. Sehingga anggaran yang disiapkan bagi 30 anggota sebanyak Rp 315 juta.

“Besaran dana reses bagi dewan adalah lima kali dari gaji walikota. Dimana gaji walikota sekitar Rp 2,1 juta. Ini sesuai peraturan Kemendagri Nomor 62 Tahun 2017 tentang keuangan daerah. Karena Kota Pasuruan masuk kategori keuangan daerah sedang,” jelas Murahanto.

Ketua DPRD Kota Pasuruan, Ismail Marzuki Hasan menjelaskan dalam setahun anggota dewan melaksanakan tiga kali reses. Reses dilakukan setiap 4 bulan sekali usai pelaksanaan sidang paripurna. Untuk tahun ini, dua kali akan dilaksanakan oleh anggota dewan lama, sisanya usai pelantikan anggota dewan yang baru.

Tempat tujuan reses menyesuaikan asal daerah pilihan (dapil) dari anggota dewan tersebut. Tujuannya, untuk menjaring aspirasi dari masyarakat yang sudah memilih mereka. Sehingga bisa diketahui persoalan yang selama ini dihadapi oleh masyarakat di daerah tersebut.

“Aspirasi dari masyarakat ini akan ditampung dan dicoba untuk dilaksanakan dengan memasukkannya dalam kegiatan tahun berikutnya melalui APBD. Entah itu, persoalan pendidikan atau kesehatan,” terang pria yang menjabat Ketua Tanfidz DPC PKB Kota Pasuruan ini. (riz/fun)