Kuota Siswa untuk MAN IC Cuma 72, Tapi Pendaftar Sudah Tembus 300

PASURUAN – Kementerian Agama (Kemenag) kembali membuka pendaftaran untuk siswa Tahun Ajaran baru di Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) Pasuruan. Untuk tahun 2019 ini, Kemenag hanya mengeluarkan 72 kuota.

Meskipun tahun ajaran baru masih lama, pendaftar MAN IC sudah banyak. Pendaftar di MAN IC Pasuruan dari seluruh Indonesia sudah mencapai 300.

Hal tersebut diungkapkan Muhammad As’adul Anam, Kepala Kemenag Kabupaten Pasuruan. Dia mengatakan untuk kuota siswa di tahun ajaran 2019/2020 memang ada tambahan. Jika tahun lalu hanya 48 siswa, tahun ini meningkat menjadi 72 siswa.

“Ada tambahan kuota untuk tahun ajaran baru 2019. Naik menjadi 72 siswa dengan rincian 36 siswa putra dan 36 putri,” terangnya. Pendaftaran akan langsung terpusat di Kemenag Pusat secara online. Pendaftaran ini terbuka bagi siswa MTs Sederajat se-Indonesia.

Pendaftaran online ini sudah dibuka sejak 18 Februari lalu dan ditutup sampai 15 Maret. Kendati belum ditutup, jumlah pendaftar sudah cukup tinggi. Jumlah ini bisa lebih lagi sampai batas akhir 15 Maret mendatang. “Berkaca di tahun 2018 lalu, dari kuota 48 saja pendaftar bisa mencapai 950 siswa,” jelasnya.

Pendaftar, kata As’adul Anam, memang tidak dibatasi hanya siswa dari Pasuruan saja. Tapi seluruh Indonesia. “Karena semuanya pendaftaran langsung ke pusat, jadi semua penilaian fair berdasarkan nilai dan tes nantinya,” terangnya.

Harapannya, di tahun ini lebih banyak siswa asal Pasuruan yang masuk di MAN IC Pasuruan. Diharapkan siswa MTs asal Pasuruan bisa mendaftar ke MAN IC. “Termasuk sudah kami sosialisasikan jauh-jauh hari, termasuk apa-apa saja yang harus dikumpulkan. Seperti prestasi atau pelatihan yang pernah diikuti agar ada nilai plus saat pendaftaran,” pungkasnya. (eka/fun)