Pengerjaan 99 Persen, Ini Jadwal Operasional Tol Paspro Seksi I-III

PROBOLINGGO – Pembangunan fisik jalan tol Pasuruan-Probolinggo (Paspro) seksi I – III sudah mencapai 99 persen. Saat ini tinggal finishing saja. Meski begitu, tol Paspro seksi I-III ini baru bisa operasional saat Lebaran.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Tol Paspro pada Kementerian PUPR – RI Agus Minarno mengatakan, seharusnya tol Paspro seksi I-III diresmikan pada 7 Februari. Oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). Namun, batal karena jadwal Presiden yang padat.

Diperkirakan, peresmian akan dilakukan pada April-Mei. “Memang ada kemunduran peresmiannya. Insya Allah bulan April-Mei akan diresmikan oleh Presiden,” terangnya.

Untuk uji fungsional, sudah dilakukan pada Desember hingga Januari. Sehingga, dalam waktu dekat akan dilakukan peninjauan atas kesiapan operasional, sebelum diresmikan. “Dalam waktu dekat ini akan dilakukan peninjauan kesiapanya sebelum diresmikan,” terangnya.

Agar proses finishing tidak terganggu, tol Paspro tidak dibuka untuk umum sebelum diresmikan oleh Presiden. “Dulu saat uji fungsional kan sudah dibuka untuk umum. Jadi, saat ini tinggal menunggu dioperasikan. Yang jelas dalam waktu dekat ini,” tandasnya.

Setelah uji fungsional, akan diajukan uji kelayakan. “Yang melakukan uji kelayakan itu dari pihak PUPR bersama dengan pihak terkait. Seperti Kemenhub, Dirlantas, BPJT (Badan Pengatur Jalan Tol) PT Wasita Karya, PT Trans Jawa, serta instansi terkait. Hanya saja belum diatur untuk jadwal uji kelayakannya,” lanjutnya.

Jika sudah dilakukan uji kelayakan dan dinilai layak, barulah tol bisa dioperasikan. “Tentunya jika sudah dinyatakan bisa beroperasi, maka sudah layak fungsi, layak retribusi,” bebernya. (rpd/hn)