Pohon Kesambi di Wonorejo Tumbang, Lalu Lintas jadi Tersendat

WONOREJO – Insiden pohon tumbang di Wonorejo kembali terulang. Kali ini terjadi di jalur alternatif menuju Kecamatan Kejayan via Desa Wrati. Tumbangnya lohon berukuran raksasa itu membuat akses lalu lintas sempat tersendat.

Informasi yang dihimpun Jawa Pos Radar Bromo, pohon kesambi yang tumbang itu berada di Desa/Kecamatan Wonorejo. Tak banyak yang mengetahui persis saat kejadian. Namun warga mengatahui posisi pohon yang berada di sisi selatan jalan itu tumbang, Rabu (6/3).

Diperkirakan, pohon dengan diameter sekitar 1 meter itu tumbang sejak malam hari. Saat itu, kawasan setempat memang diguyur hujan dengan intensitas sedang. “Kami tahunya pagi hari, ketika anggota patroli dan hendak melakukan pengaturan lalin di simpang tiga,” kata Kapolsek Wonorejo, AKP I Made Jayantara.

Pihaknya lantas berkoordinasi dengan Muspika setempat untuk mengevakuasi pohon yang melintang di badan jalan itu. Untungnya, tak seberapa banyak kendaraan yang melintas di jalur alternatif tersebut. Pengendara motor juga masih dapat melintas dengan cara membungkuk dibawah batang pohon.

“Namun untuk kendaraan roda empat tidak bisa sama sekali. Makanya kami upayakan agar evakuasi lebih cepat agar akses jalan tidak terganggu,” kata Made.

Petugas juga dibantu sejumlah warga sekitar dalam proses evakuasi. Mereka berjibaku menebangi pohon menjadi beberapa bagian. Cara itu dilakukan dengan menggunakan gergaji mesin maupun alat pemotong seadanya.

Sekitar dua jam berselang, kondisi lalu lintas kembali normal. Meskipun terdapat ranting pohon yang tersisa di jalan. Made mengatakan, pihaknya juga meminta agar dinas terkait dapat mengambil langkah. Terutama mengenai banyaknya pohon di tepi jalan yang kondisinya rawan tumbang.

“Kami berharap dinas terkait menaruh atensi atas insiden semacam ini. Agar tidak berulang. Karena sudah sering terjadi pohon tumbang di wilayah kami,” kata Made. (tom/fun)