Stadion Gelora Merdeka Akhirnya Resmi Dikelola Pemkab

ASET PEMKAB: Suasana di Stadion Gelora Merdeka di Kraksaan saat sore hari. Stadion ini sekarang dikelola Dinas Pemuda Olahraga Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Probolinggo. (Mukhamad Rosyidi/Jawa Pos Radar Bromo)

Related Post

KRAKSAAN – Dinas Pemuda Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) Kabupaten Probolinggo resmi mengelola Stadion Gelora Merdeka Kraksaan. Pengambilalihan itu resmi dilakukan dari Perusda Rengganis, setelah proses administrasi diselesaikan.

Setelah pengambilalihan aset tersebut, Pemkab Probolinggo menyerahkan kewenangan pengelolaan kepada Disporaparbud. Setelah resmi mengelola stadion Gelora Merdeka, Disporaparbud sudah memiliki rencana kedepan untuk stadion yang menjadi kandang Persikapro itu.

Tatok Krismahento, Pelaksana tugas (Plt) Kadisporaparbud setempat mengatakan, penyerahan pengelolaan tersebut dilakukan sudah pada awal bulan Februari lalu. “Sudah kami kelola sekarang. Kan sudah diserahkan kepada kami untuk mengelolanya,” ujarnya saat dikonfirmasi.

Menurut pria yang akrab disapa Tatok itu, sementara yang diserahkan hanya satu. Sedangkan untuk lapangan tenis yang ada di depan Kecamatan Kraksaan, masih belum. “Rencananya memang dua (stadion dan lapangan tenis) itu yang akan diserahkan. Tetapi, saat ini hanya satu yang masih diserahkan dan dikelolakan kepada kami,” tuturnya.

Setelah dikelola Disporaparbud, lanjut Tatok, pihaknya akan segera menggarap perbaikan untuk stadion itu. Pihaknya juga telah menganggarkan dana sebesar Rp 1,9 miliar guna memperbaiki stadion kebanggaan Kabupaten Probolinggo itu.

“Untuk dana perbaikan sudah kami siapkan. Sekitar Rp 1,9 miliar. Itu untuk memperbaiki rumput dan juga beberapa tribun nantinya. Sehingga, nanti pecinta sepakbola yang nonton bisa nyaman,” ungkapnya.

Untuk sementara ini, urusan rumput masih ditanggung dari pada Dinas Permukiman. Pasalnya, sebelumnya dinas pemukiman telah mengalokasikan dana terlebih dahulu, guna perbaikan pada stadion itu. Dan saat ini tinggal pemeliharaannya.

“Masih Perkim untuk rumput. Masih ada pemeliharaannya dari sisa perbaikan pada tahun lalu,” jelasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, perusahaan daerah (perusda) Rengganis berencana mengembalikan dua aset daerah yang dikelolanya. Dua aset itu yakni Gelora merdeka dan lapangan tenis. Setelah diserahkan kepada pemda, kedua aset itu rencananya akan dikelola oleh disporaparbud. (sid/fun)