Ugal-ugalan, Tronton Tabrak Truk Parkir-Pagar Masjid di Pajarakan

PAJARAKAN-Sebuah truk tronton hilang kendali di jalur pantura masuk Desa Karanggeger, Kecamatan Pajarakan, Kabupaten Probolinggo. Truk bernopol L 9205 UO dengan warna hijau itu pun keluar jalan dan menabrak pagar masjid Jamik Baiturrahman.

Kecelakaan itu terjadi sekitar pukul 14.30. Awalnya, truk yang dikemudikan oleh Sunjoko, 41, warga jalan Cankring, Kecamatan Kanigaran, Kota Probolinggo itu melaju dari arah timur menuju ke barat.

Nah saat itu, truk tanpa muatan itu melaju dengan kecepatan tinggi. Truk itu, beriringan dengan kendaraan lain yang tidak diketahui identitasnya.

RUSAK: Kondisi bagian depan masjid jamik usai disasak truk. (Muhammad Rosyidi/ Radar Bromo)

Kedua kendaraan itu seakan balapan dan melaju dengan kendaraan tinggi. “Jadi sepertinya dari timur memang beradu kecepatan. Kedua kendaraan itu melaju dengan kecepatan tinggi, ” ujar Aspi, salah seorang saksi di lokasi.

Sesampainya di lokasi, diduga truk warna hijau itu kehilangan kendali. Sehingga, truk tersebut oleng ke kanan. Nah, saat itu juga truk tersebut menabrak sebuah truk lain yang sedang parkir bernopol L 8819 UH. “Setelah menabrak truk parkir itu kemudian menabrak pagar masjid,” jelas Aspi.

Kesaksian yang sama disampaikan oleh Aswaki, warga lainnya. Menurutnya, saat ia beristirahat di masjid itu, terlihat dari timur ada dua kendaraan yang melaju sama sama kencang. Kondisi jalan saat itu memang terbilang sepi.

“Mobil kecil kayak jenis Avanza gitu yang adu kecepatan dengan truk. Setelah itu, mungkin karena hilang kendali, truk menabrak pagar (masjid),” jelasnya.

Sementara itu, Kanit Laka Polres Probolinggi Ipda Nyoman Harayasa mengatakan, sopir yang mengemudikan truk nahas itu berhasil selamat. “Dalam kecelakaan ini, tidak ada korban jiwa, ” ungkapnya.

Pihak kepolisian sendiri masih berusaha menyelidi sebab kejadian itu. Menurut pria yang akrab disapa Nyoman itu, pihaknya masih akan mengumpulkan bukti dan keterangan dari pada warga yang diduga mengetahui kejadian secara langsung. (sid/mie)